Target Retribusi Parkir di Cilegon Tahun Depan Dipatok Rp2 Miliar, KIR Rp1 Miliar

Plt. Kadishub Cilegon Andi Affandi kiri dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian kanan, usai upacara peringatan hari perhubungan Nasional di kantor Dishub Kota Cilegon, Senin (20/9/2021)

KBRN, Cilegon : Target retribusi parkir di Kota Cilegon pada tahun depan dipatok sebesar Rp2 miliar. Target itu diproyeksi dari dua kategori, parkir tepi jalan dan parkir khusus. Yang mana saat ini sudah terdata ada 200 titik parkir tepi jalan dan 3 parkir khusus yang tersebar di RSUD Kota Cilegon, Terminal Merak dan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon.

Selain itu, target pendapatan pada sektor Uji KIR juga dinaikkan dari Rp. 500 juta ke Rp. 1 miliar pada tahun 2022 mendatang.

"Tahun ini sedang menginventarisasi dan sekaligus menyiapkan tempat-tempat parkir, khususnya ditempat parkir yang ada ditepi jalan umum. Karena ditahun 2022 itu, kita (Dishub Cilegon) menargetkan retribusi parkir hingga Rp2 miliar," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Cilegon Andi Affandi, usai upacara peringatan hari perhubungan Nasional di kantor Disuhub Cilegon, Senin (20/9/2021).

Adapun untuk mencegah terjadinya buku KIR palsu, Andi menyampaikan, proses uji KIR sudah dilakukan secara online yang langsung terhubung dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) dengan begitu dia meyakini potensi terjadinya KIR palsu sangat minim.

"Kita juga ingin meningkatkan pelayanan uji KIR, karena sudah menerapkan tarif baru. Maka, harus bisa memberikan pelayanan yang lebih. Sehingga pelayanan harus dapat dilayani dalam waktu 15 sampe 30 menit sudah harus terlayani," ujar Andi.

Ditempat yang sama, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian meminta kepada Petugas Dishub Kota Cilegon agar tetap menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan. Apalagi target retribusi Dishub pada tahun depan cukup besar dibandingkan dengan tahun ini. 

"Target pajak memang tahun ini ditargetkan cukup besar, dibanding dengan tahun sebelumnya cuma Rp525 Juta sedangkan tahun ini Rp1,9 miliar," ujar Helldy. 

Adapun upaya yang dilakukan untuk mendapatkan target yang diinginkan. Helldy mengaku, dirinya akan intens memonitoring kinerja di Dinas Perhubungan.

"Kurang lebih tadi disampaikan oleh pak Andi (Plt. Kepala Dishub Cilegon) ada sekitar 200 titik, nanti kita apakan sesuai dengan aturan dan ketentuannya," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00