Menhub RI Minta Vaksinasi di Pelabuhan Merak Digenjot

KBRN, Cilegon : Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) dan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Yudo Margono, hari ini meninjau secara langsung pelaksanan vaksinasi Covid-19 masal di Pelabuhan Merak-Banten, Selasa (27/7/2021).

"Hari ini kita (Kemenhub RI) bersama TNI AL sudah melakukan vaksinasi, ini satu contoh yang baik yang harus dilakukan oleh semua pihak dalam membantu pemerintah pusat untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19," kata Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) saat Konferensi Pers di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak Banten.

Oleh karena itu, Budi mengajak kepada semua pihak agar terus meningkatkan kegiatan vaksinasi ke seluruh daerah yang ada di Indonesia. Terutama di tempat-tempat yang dilewati oleh masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

"Oleh karenanya, kami mengajak TNI AL  dan yang lainya, serta  Polri untuk masuk ke daerah-daerah lain dan ke simpul-simpul tempat transportasi yang ada di daerah," ucap Budi.

Menurutnya, di setiap simpul transportasi perlu dilakukan vaksinasi dengan ketat agar pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 dapat dilakukan dengan maksimal.

"Simpul transportasi menjadi penting dilakukan (Vaksinasi), karena perlintasan masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lain. Paling tidak di sini (Merak) ada satu filter tertentu yang  bisa dilakukan dengan baik," ujar Budi.

Dalam kesempatan itu, Budi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Terutama, kepada TNI AL dan timnya yang telah bekerja keras agar kegiatan vaksinasi di Pelabuhan Merak dapat dilakukan dengan maksimal.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semu pihak, seperti TNI AL, Wali Kota Cilegon, ASDP dan juga Jasa Marga, Jasa Raharja. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat untuk bangsa," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan, hari ini pihaknya menyiapkan sebanyak 1.500 vaksin untuk masyarakat yang ada di Pelabuhan Merak.

"Sebanyak 1.500 vaksin dan akan ditambah lagi, tadi permintaan Wali Kota sampai berapapun akan kita layani," ujar Yudo.

Dikatakan Yudo, kegiatan vaksinasi merupakan salah satu program prioritas yang harus segera dilakukan oleh TNI AL. Dengan target sasaran yakni masyarakat yang ada di pesisir dan di Pelabuhan yang ada di Indonesia.

"Ini merupakan salah satu program kita (TNI Angkatan Laut) yang saat ini sudah dilakukan, mulai dari Sabang sampai Merauke, dengan sasaran pelabuhan-pelabuhan dan pelabuhan perikanan serta masyarakat pesisir terpencil dan kapal-kapal yang sedang beroperasi," ungkap Yudo.

Secara teknis Yudo menjelaskan, pelaksanan vaksinasi akan dilakukan di darat dan di laut. Selain di Pelabuhan Merak, kegiatan vaksinasi juga akan dilakukan di Pelabuhan Bakahueni Lampung.

"Harapan kita di Pelabuhan Merak ini, para pekerjanya maupun yang berkepentingan yang akan melaksanakan penyebrangan akan kita Vaksin semua. Hal yang sama juga akan dilakukan di Pelabuhan Bakahueni Lampung. Dengan begitu, petugas dan masyarakat yang melaksanakan perekonomian dapat menerima vaksinasi tersebut," terangnya.

Yudo menyampaikan, kegiatan vaksinasi di Pelabuhan Merak merupakan kegiatan gabungan yang dilakukan oleh ASDP, Jasa Raharja, Jasa Marga, TNI, Polri, serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten.

"Saat ini baru mencapai 18 persen, selama lima hari kedepan. Vaksinasi di Pelabuhan Merak, menargetkan akan mencapai 70 persen yang akan dibantu Komando Armada 1 (Koarmada 1) dan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal)," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00