Buka Pendidikan dan Pelatihan, Polda Banten Menerima Hibah Ratusan Siswa Bintara Polri Asal Polda Papua

KBRN, Pandeglang : Sebanyak 400 siswa Bintara Polri siap menerima pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mandalawangi,  Polda Banten. Sebanyak 400 siswa Bintara itu, terdiri dari 202 siswa lokal asal Polda Banten dan 198 siswa asal Polda Papua dan Polda Papua Barat.

"Hari ini kita (Polda Banten) telah melaksanakan Diktub Bintara Polri tahun anggaran 2021. Berkenaan dengan itu, tahun ini ada perbedaan dengan biasanya. Kalau biasanya menggunakan anggaran APBD, sekarang kita menggunakan dana hibah," kata kepala koordinasi siswa pada SPN Mandalawangi, Polda Banten, AKBP Syamsul Bakhri usaiupacara pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2021 di SPN Mandalawangi, Polda Banten, Senin (26/7/2021).

Syamsul menyampaikan, tahun ini siswa Bintara Polri yang akan menerima pendidikan dan pelatihan di SPN Mandalawangi sebanyak 400 personil. 

"Polda Papua sebanyak 50 personil, Polda Papua Barat sebanyak 148 personil. Total semua hibah sebanyak 198 ditambah dengan lokal 202, jadi totalnya sebanyak 400 personil," ungkap Syamsul.

Syamsul menjelaskan, karena saat ini masih pandemi Covid-19. Maka, pendidikan dan pelatihanya dilakukan dengan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan ketat.

"Selama pandemi ini kita mengkedepankan Prokes Covid-19, jadi sekarang sentralisasi on kampus. Jadi betul-betul Prokes, siap semua satuan dari Kesehatan Polda Banten dan dibantu juga dari Lemdiklat, serta menggabungkan pengasuh atau pelatih dari Brimob Polda Banten," ujar Syamsul.

Lebih lanjut Syamsul menjelaskan, Diktuba tahun ini secara khusus untuk pertama kalinya akan diterapkan penguatan kurikulum baru yang telah diresmikan oleh bapak Kapolri pada peringatan hari Bhayangkara ke-75 pada tanggal 1 Juli yang lalu yang diberi nama kurikulum presisi dan secara khusus tahun ini juga diselenggarakan secara bersamaan pendidikan reguler dengan sumber pembiayaan APBN dan pendidikan hibah dengan sumber pembiayaan APBD.

"Terdapat 10.650 serdik reguler dan 4636 serdik dari sumber hibah yang berasal dari provinsi Papua, Papua Barat, Kalsel Sumsel, Babel dan Jatim. Sehingga jumlahnya menjadi 15.286 yang terdiri dari 14.609 pria dan 677 wanita," pungkasnya. 

Sementara, Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto mengucapkan selamat kepada semua siswa Bintara Polri yang akan menerima pendidikan serta mengucapkan terima kasih kepada pendidik dan pelatih yang ada di SPN Mandalawangi.

"Kepada para siswa saya ucapkan selamat belajar dan berlatih, sedangkan kepada para kasatdik, guru gadik, Instruktur dan pengasuh selamat melaksanakan tugas mulia dan berikan pengabdian yang terbaik, tulus dan ikhlas serta mengucapkan terima kasih atas segala dedikasi yang saudara-saudara berikan," ucap Kapolda saat membacakan amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komisaris Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel.

Menurutnya, pendidikan dan pelatihan kepada siswa Bintara Polri perlu dilakukan, agar pertahanan Kepolisian Republik Indonesia dapat terus ditingkatkan.

"Pendidikan yang diselenggarakan di kampus-kampus polri sejatinya sebagai tempat produk dianak dan kekuatan utama Polri," ujar Kapolda.

Oleh karena itu, lanjut Kapolda, perlu dilakukan perbaikan dan perubahamn cara berfikir dalam menciptakan kampus-kampus Polri yang ada di Indonesia.

"Untuk menjawab tantangan ini semua, telah ditetapkan sebanyak delapan program prioritas transpormasi pendidikan Polri. Satu mewujudkan kampus yang sehat, kampus yang siap Prokes dan kampus yang Paskes dan personil yang sehat. Dua, mewujudkan kampus yang aman dan dengan maksimum security, serta penjagaan yang kuat yang dapat menimbulkan efek cegah dan gentar. Serta masih ada beberapa program prioritas yang lainnya," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00