FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Tolak Vaksin, KPM di Pandeglang Akan Dicoret dari Penerima Bansos

Ilustrasi Bantuan Sosial. (Istimewa)

KBRN, Pandeglang: Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial (Bansos) di Kabupaten Pandeglang, wajib divaksin Covid-19. Jika menolak, bantuan bagi mereka akan ditiadakan.

Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Pandeglang, Ramadani menerangkan, aturan itu akan segera diterapkan pemerintah seiring dengan upaya mengejar target vaksinasi.

“Penerima Bansos, baik BPNT, PKH wajib divaksin. Karena kalau mereka tidak divaksin, InsyaAllah itu nanti bantuannya akan dihilangkan. karena bantuannya mau, gilirian ikut program pemerintah enggak mau,” ujarnya, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: NIK Invalid, 77.196 Calon Penerima Bansos di Pandeglang Terancam Tak Dapat Bantuan

Dia menjelaskan, kewajiban vaksinasi itu semata-mata untuk melindungi masyarakat dari paparan Covid-19.

“Salah satunya vaksinasi untuk mitigasi, meminimalisir risiko gejala lebih berat hingga kematian,” sambungnya.

Apalagi dia menyebut, saat ini target vaksinasi di Kabupaten Pandeglang masih jauh dari harapan. Pemkab memasang target 800 ribuan dari 70 persen jumlah populasi penduduk Pandeglang yang mencapai 1,2 juta jiwa. Akan tetapi sampai saat ini, realisasinya belum sampai 10 persen dari target.

“Target kita banyak, tapi yang bermasalah distribusi dari pusat bertahap sehingga tersendat karena pemerintah pun kesulitan untuk pengadaan vaksin. Sampai saat ini belum sampai 10 persen dari target, masih di bawah 80 ribu yang sudah divaksin,” imbuhnya.

Baca juga: Dinsos Pandeglang Sediakan Ruang Konsultasi Bansos Covid-19

Oleh karenanya, dalam beberapa hari kedepan, Pemkab akan kembali mengadakan vaksinasi massal, termasuk menyasar anak-anak berusia 12-17 tahun.

“Ada tambahan vaksinasi sebanyak 9.000 dosis, kita harap semua masyarakat agar datang ke Puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi, termasuk ada target baru yang berusia 12-17 tahun,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00