887 RTLH di Pandeglang Akan Dibangun Tahun Ini

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang, Nuriah. (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Sebanyak 887 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi warga tidak mampu di Kabupaten Pandeglang ditargetkan terbangun pada tahun 2021.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang, Nuriah mengatakan, bantuan RTLH itu akan dikonversi dalam bentuk uang tunai. Masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) nantinya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp7,5 juta.

“Jika ditotal, jumlah bantuan yang dianggarkan pemerintah mencapai Rp6,5 miliar,” sebut Nuriah, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Dinsos Usulkan Penambahan RTLH Sebanyak 179 Unit

Dia menuturkan, 887 unit merupakan hasil usulan dari tahun 2018 lalu. Pasalnya, selama tahun 2020 tidak terdapat pembanguman RTLH lantaran seluruh anggaran terkena refocusing akibat pandemi Covid-19.

“2020 kan tidak ada pembangunan karena anggarannya dipangkas. Jadi ini hasi usulan yang dari 2018,” ucapnya.

Supaya pembangunannya tepat sasaran Nuriah mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan, verifikasi dan validasi di 35 kecamatan di Kabupaten Pandeglang.

“Saat ini lagi pendataan, verifikasi dan validasi data supaya tepat. Nanti kita sandingkan dengan Data Terpadu Kesejahtraan Sosial (DTKS),” sambung mantan Camat Cimanuk itu.

Baca juga: Usulan Bedah Rumah Ursih Tak Direspons Pemda, Anggota Fraksi PPP Turun Tangan

Nuriah berharap, verifikasi yang dilakukannya itu segera diselesaikan dan tidak ada penerima manfaat yang dobel bantuan. Sebab mereka yang terdaftar sebagai penerima RTLH, tidak bisa mendapatkan bantuan sejenis berupa program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat.

“Ini kan Perdanya baru beres kaitan dengan bantuan sosial dan sebagainya. Pemerintah desa dan kecamatan juga harus dilibatkan. Biar nanti dalam penyaluran bisa tepat sasaran. Jangan sampai yang benar-benar rumahnya tidak layak tidak mendapatkan nanti kita bertahap tiap tahun,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00