FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Target 74 Ribu PTSL di Lebak Optimis Dapat Diselesaikan

KBRN, Serang: Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Lebak menargetkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap bisa rampung pada September tahun ini. Untuk tahun ini BPN Lebak ditargetkan 74 ribu bidang tanah. 

"Betul untuk tahun ini BPN Lebak diberikan target PTSL sebanyak 74 Ribu bidang tanah. Jumlah ini meningkat dari target dari tahun lalu sebanyak 25 ribu bidang tanah. Dan untuk tahun ini sebanyak 19 ribu sudah selesai sertipikatnya," kata Kepala Pertanahan Nasional Kabupaten Lebak, Agus Sutrisno dalam sesi dialog di studio SP RRI Banten, Jumat (7/5/2021). 

Menurutnya, untuk memenuhi target itu pihaknya mengoptimalkan semua SDM dan sumber daya Sapras yang dimiliki. Target ini diakui cukup besar, karena memang tanah yang berlum bersertipikat di Lebak masih banyak. 

"Kementrian menargetkan program sertipikat tanah seluruh Indonesia ini bisa selesai akhir tahun 2024 sudah bersertipikat. Padahal di Lebak ada sekitar 841 ribu bidang tanah yang belum berstipikat.  Dari catatan baru sekitar 40 persen atau 341 ribu bidang tanah," katanya. 

Sejauh ini, lanjut Agus ada beberapa tantangan untuk merampungkan program PTSL di Lebak. Salah satu yang berdampak adalah adanya Pandemi Covid-19. 

"Pandemi ini menjadi terbatas ketemu masyarakat. Tidak bisa berkumpul dengan masyarakat saat melakukan pengumpulan data tanah warga. Lokasi Desa di Lebak yang relatif jauh hingga terkendala signal. Tapi kami upayakan agar target yang sduah ditentukan bisa dicapai," tegasnya. 

​​​​​​

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00