Pengawasan Objek Wisata Diperketat, Aparatur Kecamatan Diingatkan Waspada

Kepala Satpol PP Pandeglang, Entus Bakti. (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Untuk mengantisipasi melonjaknya kunjungan wisatawan lokal pada libur Lebaran mendatang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pandeglang mengingatkan aparatur di kecamatan yang memiliki objek wisata, untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Satpol PP Pandeglang, Entus Bakti menerangkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah kecamatan yang diprediksi akan menjadi sasaran kunjungan wisatawan.

“Jadi kami sudah bersurat kepada para camat agar camat memerintahkan kepada Kasi K3 untuk melaksanakan kesiap siagaan tentang Trantibum Linmas,” katanya, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Objek Wisata di Pandeglang Diizinkan Tetap Beroperasi Selama Lebaran

Sebab dia menilai, keramaian di objek wisata tidak cuma menimbulkan kerumunan yang berpotensi menularkan Covid-19, tapi juga mengandung gangguan keamanan yang lain seperti pencurian.

“Bukan hanya pencegahan Covid-19 saja. Tapi saat pelaksanaan lebaran itu pasti ada. Contohnya kejahatan, pencurian motor. Itu adalah gangguan daripada ketertiban jadi kami ingatkan agar Kasi Trantibum ke tiap lini atau daerah masing-masing melakukan kesiap siagaan,” sebutnya.

Baca juga: Realisasi Lima Objek Pajak di Pandeglang Tahun 2019 Meleset Dari Target

Oleh karena itu lanjut Entus, pihaknya bersama petugas gabungan lainnya akan melakukan penyekatan dijalur-jalur perbatasan untuk memfilter pengunjung dari daerah diluar aglomerasi. Kemudian objek-objek wisata padat pengunjung juga akan menjadi sasaran pemantauannya.

“Kalau pun wisata dibuka itu pun hanya boleh 50 persen pengunjung dari kapasitas yang tersedia. Dan selain melakukan penyekatan, pasti akan melakukan monitoring ke tiap-tiap lokasi wisata,” tandas Entus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00