FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Polda Banten Siap Cegat Warga Maksa akan Mudik

Rapat koordinasi persiapan lebaran 1442 di Mapolda Banten, Rabu (21/4/2021).

KBRN, Serang: Kepolisian Daerah Banten siap menghalau warga yang tetap memaksakan untuk melakukan perjalanan mudik dari pulau Sumatera ke pulau Jawa atau sebaliknya. Ketegasan ini akan diberlakukan seiring dengan adanya larangan mudik bagi warga sela libur lebaran tahun ini. 

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyebut pihaknya akan bertindak tegas terhadap orang -orang yang akan memaksakan akan menuju kampung halaman. Apalagi larangan pemerintah ini semata mata untuk melindungi warga dari penularan Cocid 19. "Larangan ini Guna melindungi warga, makanya saya menghimbau agar warga patuh himbauan pemerintah untuk mencegah penularan Cocid-19," kata Kapolda, Rabu (21/4/2021).

Rudy mengakui pihaknya telah menyiapkan sejumlah lokasi penyekatan guna menghadang warga yang akan melintas ke pulau Sumatera dan Jawa. Tidak hanya di jalur bebas hambatan, penyekatan juga akan di sejumlah ruas jalur arteri dari Tangerang hingga Merak. "Kami putarbalikkan, apabila masih ada warga yang memaksa," tegas Kapolda. 

Wakil Gubenrur Banten Andika Hazrumy mendukung langkah kepolisian dalam  menindak warga yang akan mudik. Bahkan pemprov Banten juga akan menurunkan puluhan personil dari Dinas Perhubungan guna membantu upaya penyekatan tersebut."Kami mendukung langkah kepolisian. Pemerintah akan membantu kesiapannya," lanjut Andika.  

Sedangkan terkait kelonggaran wisata, Wagub Andika menyebut pemprov Banten akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota. Dimana secara teknis bupati dan walikota di Banten yang akan mengawasi pergerakan masyarakat di lokasi lokasi wisata selama libur lebaran nanti. "Kami akan berkoordinasi dengan kab/ kota. Mereka yang akan mengawasi, tentu dengan protokol kesehatan ketat," lanjutnya. 

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo mangakui pihaknya bersiap untuk melakukan penghadangan terhadap warga yang akan melakukan penyebrangan dari dan menuju Merak. Bahkan tim gabungan disiapkan agar upaya penyekatan selama libur lebaran ini bisa optimal. "Kami akan dibantu TNI dan petugas Satpol PP dan Dishub juga," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00