Balawista dan Kemenpar Selenggarakan Uji Kompetensi Pemandu Keselamatan di Banten

KBRN, Pandeglang: Guna meningkatkan profesionalitas dan untuk Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) para pemandu  Keselamatan atau lifeguard, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista ) bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata , Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)  , dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) menggelar uji  kompetensi para Pemandu Keselamatan atau lifeguard , 15-16 Juli 2019 di Pantai Carita , Pandeglang, Banten.

Kegiatan uji  kompetensi  yang diikuti  100 lifeguard se Banten tersebut ditangani oleh lima  tenaga penguji profesional . melakukan ujian kemampuan sebagai lifeguard, ujian tulisan dan lisan.

ketua Umum Balawista Banten Ade Ervin mengatakan, mulai tahun 2019 seluruh tenaga Pemandu Keselamatan Balawista di Banten diwajibkan untuk mengikuti uji kompetensi tersebut.

"Seluruh anggota Balawista mulai tahun ini  diharuskan mengikuti uji kompetensi . Jadi nanti yang ditugaskan di lapangan yang punya sertifikat, " ujar Ade Ervin.

Ervin juga mengatakan , bahwa uji kompetensi Pemandu keselataman di Banten ini  adalah yang pertama di Indonesia. 

"Nanti daerah lain pun akan menyelenggarakan  uji kompetensi seperti yang sedang dilaksanakan saat ini, " katanya.

Kabid SDM dan ekonomi kreatif Dinas  Pariwisata Provinsi Banten Linda Rohyati dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat berharap seluruh anggota Balawista tersertifikasi.

"Sertifikasi ini Jadi harapan baru bagi kehidupan mereka. Dimana rencananaya sesuai amanat Kepala Dinas  Pariwisata Banten , akan menempatkan anggota Pemandu Keselamatan  di wisata air hanya bagi yang sudah tersertifikasi," kata Linda.

Dia juga mengungkapkan, dengan adanya sertifikasi kualitas para Pemandu Keselamatan terukur SDM. " sebab dalam uji kompetensi ini, selain diuji skill juga diuji secara tertulis dan lisan," tegasnya.

Dia juga mengakui, bahwa lembaga Pemandu keselataman wisata air di Banten hanya baru Balawita Banten."bahkan untuk uji kompetensi Pemandu Keselamatan Balawista Banten pertama di Indonesia," ujarnya. (NJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar