Pelaku UMKM di Cibaliung Dapat Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital

Puluhan pelaku UMKM di Desa Sorongan mengikuti pelatihan pemasaran berbasis digital yang digagas Mahasiswa KKN Tematik LLDIKTI IV. (Istimewa)

KBRN, Pandeglang: Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sorongan, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang mendapat pelatihan tentang pemanfaatan media sosial untuk memasarkan produk mereka.

Soalnya, pelaku UMKM di daerah tersebut dinilai belum memaksimalkan perkembangan teknologi dan media sosial. Padahal mereka mempunyai produk dari hasil alam yang bisa bersaing, seperti gula aren, kelapa, dan pisang.

Baca juga: Fekraf Dorong Dinas Koperasi UMKM Banten Permudah Legalitas Pelaku Ekraf

Kegiatan itu dipusatkan di Aula SDN Sorongan I, Rabu (10/8/2022) yang diikuti oleh 42 orang secara tatap muka.

Pelatihan itu diinisiasi oleh mahasiswa KKN Tematik Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IV yang berasal dari perguruan tinggi se-Jawa Barat dan Banten. Sedikitnya ada 19 mahasiswa yang menjalani KKN ini. Mereka berasal dari 13 perguruan tinggi di Jawa Barat dan Banten. Meliputi Universitas Alkhairiyah, Institut Teknologi Garut, Universitas Subang, Universitas Mandiri, Universitas Muhammadiyah Tasikmaslaya.

Kemudian Universitas Buana Perjuangan Karawang, Universitas Pamulang, Universitas Pramita Indonesia, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Universitas Bina Bangsa, STISIP Banten Raya, Universitas Raharja dan Universitas Pembangunan Jaya.

“Ciri khas dari Desa Sorongan adalah gula aren, kelapa dan pisang, yang belum banyak mengetahuinya, serta penjualan dan proses pemasaran yang belum memaksimalkan teknologi dan perkembangan platform media penjualan online,” kata Ketua Pelaksana, Reza, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Tanto: UMKM Tulang Punggung Kemajuan Ekonomi

Reza mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari. Selain seminar, agenda tersebut juga akan dilanjutkan dengan pelatihan yang nanti akan diisi oleh pemateri dari Diskoperindag Kabupaten Pandeglang dan teman-teman mahasiswa.

“Harapan kami dari kegiatan ini, adanya output positif yang tercipta, salah satunya adalah bisa meningkatkan kreatifitas seluruh warga yang ada di Desa Sorongan untuk terus belajar dan terus mengikuti perkembangan zaman secara baik serta mampu berinovasi untuk terus meningkatkan eksistensi Desa Sorongan," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar