Arus Balik Kendaraan Terus Meningkat, Polisi akan Berlakukan Contraflow di Gerbang Tol Merak

Antrian kendaraan arus balik dari pelabuhan Bakauheni Lampung di pintu keluar Pelabuhan Merak, Jumat (6/5/2022)

KBRN, Cilegon : Kepolisian Polda Banten akan melakukan penerapan Contraflow atau sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah laju kendaraan berlawanan dari arah normal di Gerbang Tol Merak. Contraflow akan dilakukan Polisi, apabila arus balik kendaraan dari pulau Sumatera menuju pulau Jawa melalui pelabuhan Merak terjadi kepadatan kendaraan.

"Memang terjadi peningkatan arus lalu lintas. Namun, tidak sampai melakukan rekayasa lalu lintas dari arah pelabuhan Merak menuju gerbang Tol Merak," ucap Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga di Pelabuhan Merak, Jumat (6/5/2022). 

Shinto menerangkan, skenario lalu lintas yang dilakukan kepolisian Polda Banten pada saat arus balik di pelabuhan Merak masih sama seperti skenario yang dilakukan pada saat arus mudik 2022 kemarin. Seperti, skenario hijau, kuning dan merah. Namun begitu, kata Shinto, sampai saat ini arus balik di pelabuhan Merak masih terpantau ramai lancar dan tidak sampai melakukan rekayasa lalu lintas baik di jalur arteri maupun di jalan Tol Tangerang-Merak maupun sebaliknya.

"Skenarionya masih tetap ada tiga. Skenario hijau, kuning dan merah. Namun, sampai saat ini sampai dengan pukul 14.00 WIB Polda Banten belum sampai melakukan skenario kuning, baik di jalan arteri maupun di jalan Tol Tangerang-Merak maupun sebaliknya. Dengan demikian meski terjadi peningkatan mobilitas kendaraan sampai saat ini masih dapat berjalan dengan baik," ujar Shinto.

Namun demikian, lanjut Shinto, pihaknya akan melakukan sistem Contraflow di Gerbang Tol Merak apabila terjadi kepadatan arus balik dari arah pelabuhan Merak menuju gerbang Tol Merak. 

"Jika terjadi kepadatan di pintu masuk gerbang Tol Merak, Polda Banten akan melakukan Contraflow, maka satu lajur pintu keluar di Gerbang Tol Merak akan diprioritaskan untuk masuk kendaraan pengguna jalan dari Merak menuju ke Cikupa. Contraflow juga akan dilakukan di gerbang Tol Cikupa apabila terjadi kepadatan kendaraan di jalan Tol dari arah Merak ke Cikupa," jelas Shinto. ungkap Shinto. 

Shinto menghimbau, kepada masyarakat yang akan melakukan arus balik maupun ke tempat wisata agar tetap waspada dan hati-hati serta tetap menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. 

"Kalau ke arus balik pada prinsipnya berjalan mengalir. Namun pengendara diharapkan tetap harus waspada dan berhati-hati serta tetap menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara. Sementara untuk wisatawan agar tetap mengikuti perkembangan informasi tentang buka tutup traffic di lintasan menuju Anyer dan Carita. Selain itu juga harus bisa memilih lokasi wisata di tempat umum, karena tidak semua tempat wisata dikelola oleh pemerintah. Karena ada tempat wisata milik private, sehingga harga tiket masuknya  tergantung private," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar