FOKUS: #VAKSIN COVID

Wapres Minta Banten Tuntaskan Penyediaan MPP Tahun Ini

Wakil Presiden RI Ma"ruf Amin saat berkunjung ke Banten. Foto Biro Adpim

KBRN, Serang: Pemerintah provinsi Banten diminta merampungkan penyediaan Mal Pelayanan Publik di seluruh Kabupaten dan kota pada tahun ini. Karena saat ini Banten baru memiliki 3 Mall Pelayanan Publik di tiga Kabupaten dan Kota. "Kami mendorong MPP di Kab/ Kota segera di buat. Di Banten baru 3 dari 8 Kab/ Kota  segera dituntaskan 2022, sehingga pelayanan publik bisa diterapkan OSS atau online. Harapan saya akhir 2022 sudah berdiri seluruhnya MPP di Banten," ucap Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kamis (20/1/2022).

Wapres menegaskan penyediaan MPP tidak harus berada di gedung yang mewah. Bahkan gedung lama bisa dioperasikan sebagai MPP."Taka da kendala karena gak harus gedung sendiri bisa juga pakai gedung lama. Apalagi pelayanannya online atau OSS," lanjutnya. 

Apalagi, Wapres menyebut pelayanan kepada masyarakat melalui MPP banyak dilakukan secara online. Sehingga tidak perlu banyak menampung warga saat membutuhkan pelayanan publik dari pemerintah daerah. "Sehingga tak perlu banyak orang datang. Mungkin SDM saja yang perlu ditingkatkan," imbuhnya.  

Adapun tujuan digencarkannya penyediaan MPP, Wapres mengaku untuk mendongkrak pelayanan kepada masyarakat yang lebih cepat dan transparan. Hal ini sejalan dengan arah kebijakan pemerintah pusat untuk menciptakan reformasi birokasi yang bersih."Kehadiran mpp agar lebih mudah cepat dan tak berbelit-belit karena bagian dari reformasi birokrasi. Sekaligus juga untuk kepuasan publik dan kepercayaan investor. Apabila pelayanan investor baik, maka investor percaya berinvestasi baik dalam dan luar negeri," tegas Wapres.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengakui baru tiga daerah yang menyediakan MPP. Ketiganya yakni Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Pandeglang. "MPP di Kab/ Kota baru 3. Berkembang ke Mall pelayanan ini tidak masalah, tapi perlu peranan pihak-pihak," kata Wahidin. 

Atas arahan langsung dari Wakil Presiden, tambah Gubernur pihaknya meyakini target penyediaan MPP di seluruh kabupaten dan kota di Banten mampu diselesaikan tahun ini. "Mengapresiasi kebijakan pemerintah, karena atas arahan pa Wapres tadi tak perlu gedung besar. Insha Allah semua Kab/ Kota MPPnya terbentuk di Banten tahun ini," tandas WH. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar