Ditetapkan Jadi Danau Prioritas Nasional, Konservasi di Rawa Danau Akan Ditingkatkan

Rawa Danau ditetapkan sebagai salah satu Danau Prioritas Nasional. (Dok. Dispar Banten)

KBRN, Serang: Aktivitas konservasi di kawasan Cagar Alam Rawa Danau (CARD) yang terletak di Kabupaten Serang akan ditingkatkan. Hal ini seiring diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Dalam regulasi itu disebutkan bahwa ada 15 danau yang menjadi prioritas, salah satunya Danau Rawa Danau.

Penunjukkan Kawasan Cagar Alam Rawa Danau sebagai Danau Prioritas Nasional, karena memiliki beberapa kriteria, salah satunya karena Rawa Danau memiliki nilai strategis ekonomi, ekologi, sosial budaya, dan ilmu pengetahuan.

“Apalagi, hulu Rawa Danau merupakan sumber air bagi masyarakat di Serang dan Kota Cilegon,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) OP SDA I pada Balai Besar Wilayah Sungai  Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3), Mulyadi, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: BBWSC3 Rampungkan Normalisasi Situ Palayangan Setelah Tujuh Tahun Alami Sedimentasi

Sejalan dengan itu, kata Mulyadi, pemerintah juga memperkuat upaya penyelamatan danau prioritas dengan membentuk Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA). Melalui regulasi dan gerakan itu, aktivitas konservasi di Rawa Danau akan ditingkatkan, setidaknya sampai tahun 2024 mendatang sesuai rencana strategis Kementerian PUPR.

“Ditingkat pembina kita, ada semacam surat perihal pemberitahuan kegiatan GNKPA di DAS danau prioritas tahun 2021-2024 bahwa Rawa Danau merupakan salah satu danau prioritas sehingga perlu dilaksanakan program konservasi sumber daya air di danau tersebut,” bebernya.

Baca juga: Demi Penyediaan Air Baku, Pembangunan Long Storage Akan Dilanjut

Nantinya BBWSC3 akan melakukan konservasi secara berkelanjutan, termasuk pemberdayaan dan penyuluhan kepada masyarakat. Sebab jika masyarakat sekitar Rawa Danau tidak disentuh dengan penyuluhan dan pemberdayaan ekonomi melalui konservasi, dikhawatirkan akan merambah dan merusak kawasan.

“Ke depannya kami akan mengedepankan kegiatan seperti ini, konservasi, penyuluhan, dan pemberdayaan masyarakat. Nanti kami akan muter ke desa yang ada dalam kawasan itu. Kalau tidak kita sentuh dengan penyuluhan dan pemberdayaan ekonomi melalui konservasi, dikhawatirkan masyarakat akan merambah kawasan,” jelasnya.

Baca juga: BBWSC3 Turun Tangan Kelola Sumber Daya Air di Pandeglang

Sekadar diketahui, Rawa Danau merupakan danau purba yang terletak di sisi barat wilayah Banten. Lokasinya tersebar diempat kecamatan, yakni Mancak, Gunungsari, Padarincang dan Cinangka di Kabupaten Serang. Memiliki luas kawasan mencapai 3.500 hektare, Rawa Danau diyakini merupakan kaldera sisa letusan gunung api purba yang diduga aktif jutaan tahun lalu.

Cagar agar alam ini menjadi salah satu hutan air tawar terbesar dan satu-satunya rawa pegunungan yang masih tersisa di Pulau Jawa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar