Pandeglang Menanam Mangrove, Momentum Perbaikan Ekosistem Pesisir yang Berkelanjutan

Gerakan menanam mangrove di Desa Mekarsari, Panimbang yang diprakarsai Yayasan Alabama bersama Pemkab Pandeglang. (Istimewa)

KBRN, Pandeglang: Perbaikan ekosistem pesisir laut Kabupaten Pandeglang terus dilakukan. Salah satunya dengan dilakukan penanaman mangrove yang diprakarsasi Yayasan Alabama Indonesia Lestari (YAIL) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten di Kampung Reforma Agraria, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, pada Minggu (28/11/2021) kemarin.

Penanaman pohon Mangrove dengan tema Pandeglang menanam ini, merupakan salah satu program yang masuk dalam Projek Mangrove Ecosystems and Javan Rhinoceros Conservation in Indonesia (MERCI) yang saat ini dilaksanakan oleh Yayasan Alabama Indonesia Lestari, yang berkolaborasi dengan organisasi nirlaba dari Prancis, Planete Urgence Indonesia.

Baca juga: Lahan Mangrove di Pandeglang Kritis, Puluhan Lembaga Bentuk Forum Perlindungan

Direktur Yayasan Alabama Indonesia Lestari, Yosep Aulia Rahman mengatakan, program penanaman mangrove merupakan bagian dari ikhtiar dalam berkontribusi pada tanah kelahiran guna memperbaiki ekosistem pesisir. 

"Pandeglang menanam adalah momentum untuk upaya perbaikan ekosistem pesisir yang berkelanjutan dan terstruktur," ungkapnya, Senin (29/11/2021).

Yayasan Alabama Indonesia Lestari selama ini konsen melakukan penanaman di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) dan 5 kecamatan, meliputi Kecamatan Sumur, Pagelaran, Sukaresmi, Panimbang, dan Cigeulis. 

"Sejak berdiri pada 2020 lalu, Yayasan Alabama Indonesia Lestari sudah menanam 250 ribu pohon mangrove. Di kawasan TNUK 25 ribu mangrove telah ditanam dan sisanya tersebar di 5 kecamatan,"jelasnya.

Baca juga: 50.000 Bibit Mangrove Akan Ditanam Disepanjang Pantai Labuan dan Carita

Sementara Program Manager Planète Urgence Indonesia, Mulyono Sardjono mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang terhadap MERCI Project (Mangrove Ecosystems and Javan Rhinoceros Conservation in Indonesia) yang dilaksanakan Yayasan Alabama Indonesia Lestari dengan dukungan pendanaan dari Planète Urgence. 

"Restorasi ekosistem mangrove, khususnya di wilayah Kabupaten Pandeglang akan berhasil efektif bila terjadi sinergitas antara pemerintah, NGO, masyarakat, dan pelaku usaha. Bila sinergitas ini berjalan baik, bukan tidak mungkin Pandeglang ke depan menjadi salah satu Pusat Konservasi Mangrove di Indonesia"imbuhnya.

Diketahui, Planète Urgence sebagai sebuah NGO mendukung kegiatan pembangunan dengan tujuan membantu pemulihan fungsi lingkungan dengan melibatkan masyarakat lokal sekaligus melakukan pengembangan kapasitas lokal. 

Baca juga: Pemuda Citeureup Kembangkan Wisata Mangrove Dipenyangga KEK Tanjung Lesung

Di tempat yang sama, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Rizki Aulia Rahman Natakusumah yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, mengaku bangga dengan kegiatan Pandeglang Menanam yang dilaksanakan Yayasan Alabama Indonesia yang bekerjasama dengan Pemkab Pandeglang serta melibatkan para pelajar dari tingkat SMP dan SMA yang ada di Pandeglang.

"Tentunya kami sangat bangga dengan kepeduliannya terhadap lingkungan, keren banget, saya support sekali, bangga dan jadi makin peduli, terenyuh dan ingin  buat lebih untuk lingkungan hidup," cetus Anggota Komisi I DPR RI itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar