Pemilik Hewan Peliharaan Diharapkan Tingkatkan Vaksinasi Rabies

Seekor kucing sedang disuntikkan vaksin rabies di Puskeswan Pandeglang. (RRI/Dendy)

KBRN, Pandeglang: Pemilik hewan peliharaan diharapkan memiliki kesadaran untuk memvaksin rabies terhadap binatang kesayangannya, terutama bagi hewan penular rabies.

"Alhamdulillah pada kesempatan vaksinasi rabies ini banyak kami lihat ibu-ibu membawa kucing untuk ikut vaksinasi. Semoga kedepan terus meningkat sehingga hewan yang dipelihara dalam kondisi sehat," ujar Pelaksana harian (Plh) Sekda Pandeglang, Taufik Hidayat saat meninjau vaksinasi rabies di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Hari Rabies Sedunia: 360.700 Vaksin Disuntikkan

Taufik menejlaskan, pemilik hewan peliharaan khusunya penular rabies, harus rajin memeriksakan kesehatannya agar kondisinya hewan peliharaan sehat.

"Harus disayangi dan divaksin hewan peliharaannya agar semua sehat. Semoga semakin meningkat lagi kepeduliannya terhadap kesehatan hewan peliharaannya," pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi mengatakan, pelaksanaan vaksin rabies yang dilaksanakan pada bulan September adalah puncak kegiatan rabies sedunia.

Baca juga: Hari Rabies Sedunia Tumbuhkan Cinta Pada Hewan

"Setiap tanggal 28 september merupakan pucak peringatan rabies sedunia, kami mengadakan vaksinasi masal secara gratis," katanya.

Diungkapkan Budi, target nasional pada tahun 2030 Indonesia bebas rabies. "Alhamdulillah kesadaran masyarajat terus meningkat untuk melakukan vaksinasi hewan penular rabies. Selain di Puskeswan dilakukan juga ke wilayah selatan seperti Kecamatan Sumur," tuturnya.

Baca juga: Sterilisasi Hewan Anjing, Antisipasi Penyebaran Rabies

Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Ade Setiawan menambahkan, antusias masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti vaksinasi massal yang diselenggarakan setiap bulan September. Hal ini kata Ade terlihat dari jumlah kunjungan ke Puskeswan.

"Peliharaan yang divaksinasi rabies hari ini sebanyak 156 ekor terdiri atas Kucing, Anjing, Monyet, Lutung dan Musang. Dan kebanyakan sebagian besar yang divaksin adalah kucing," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar