FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Warga Diminta Lebih Peduli atas Tanahnya

KBRN, Serang: Warga di provinsi Banten Diminta untuk lebih peduli terhadap aset tanah yang dimiliki. Apalagi tanah menjadi aset paling berharga dan harganya terus bergerak seiring pembangunan di daerah tersebut. 

"Harga tanah dari tahun ke tahun semakin meningkat. Karena dengan adanya pembangunan, maka meningkat harganya. Jadi warga harus menyayangi tanah yang dimiliki," kata Kepala Bidang Survei dan Pemetaan Kantor Wilayah BPN Provisi Banten, Eka Sukma disela Dialog di Studio RRI Banten, Kamis (22/4/2021).

Dalam melakukan pendataan tanah, kata Eka BPN tidak bisa kerja sendiri. Melainkan harus juga adanya peran serta dari smeua pihak tidak terkecuali masyrakat. 

"Untuk itu warga diharapkan berpartisipasi.l aktif, karena harus sama berkolaborasi. Bukan hanya BPN, tapi warga harus juga care terhadap tanah yang dimiliki," terang Eka. 

Eka melanjutkan, masyarakat juga bisa memperbaiki data sertipikat tanah yang sudah lama agar diperbaharui. Jangan sampai tanah warga diklaim orang lain, karena orang tersebut tidak melaporkan pembaharuan ke BPN.  

"Dan sekarang ini ada alat canggih dari handphone. Masyarakat bisa cek melalui aplikasi berbasis android dan bisa dibuka di playstore aplikasi sentuh tanahku. Sehingga aplikasi ini bisa membantu pemilik untuk mengecek langsung keabsahan data dari tanah yang dimiliki," ucapnya. 

"Aplikasi ini juga untuk memaatikan tidak ada penggandaan sertipikat tanah milik kita," tukas Eka. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00