Gerakkan Donor Darah di Kota Tangerang Tetap Berjalan Selama Ramadan

PMI Kota Tangerang tetap menggelar donor darah sebulan penuh selama Ramadan. (Istimewa)

KBRN, Tangerang: Kegiatan untuk menggalang donor darah di Kota Tangerang tetap berjalan selama bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

Bahkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang akan menggelar donor darah road to Masjid sebulan penuh. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah selama bulan puasa.

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Djumansah mengungkapkan untuk menjalani program ini, PMI menurunkan lima tim setiap harinya. Seluruh Tim PMI akan menyebar ke berbagai masjid di Kota Tangerang secara bergantian, usai berlangsungnya salat tarawih.

Baca juga: PMI Pandeglang Ajak Kaum Millenial Berdonor Sebagai Gaya Hidup

“Selama Ramadan, PMI akan mendatangi Masjid atau tempat umum lainnya. Seluruh petugas yang kami kerahkan, akan mengajak jamaah untuk berdonor darah. Karena, tidak bisa dipungkiri, selama Ramadan kekurangan stok darah pasti terjadi, lantaran minimnya pendonor,” ungkap Oman dalam keterangan yang diterima RRI, Jumat (16/4/2021).

Kata Oman, selama Ramadan penurunan pendonor bisa mencapai 70 persen. Sedangkan untuk saat ini, stok darah di PMI Kota Tangerang hanya tersedia 4.000 kantong darah. Stok darah selama Ramadan pun, ditargetkan mencapai 10.000 kantong darah.

"Kita akan menggunakan sistem Opor, yaitu satu orang pendonor mengajak satu orang lagi dan seterusnya. Cara tersebut, optimis bisa menyediakan stok darah. Karena, selama Ramadan permintaan darah juga pasti akan tinggi," paparnya.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, PMI Pandeglang Krisis Stok Darah A dan AB

Sementara itu, bagi masyarakat yang pernah terpapar Covid-19, PMI juga terus menyediakan donor Plasma Konvalesen. Donor ini, dikhususkan bagi masyarakat yang sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan yang akan diambil plasmanya untuk penawar pasien yang masih terpapar virus corona.

"Untuk plasma Konvalesen, dikhususkan untuk pasien yang dinyatakan sembuh. Jarak donor plasma ini adalah lima minggu, setelah orang tersebut dinyatakan sembuh atau negatif virus corona. Jadi bagi masyarakat yang sudah sembuh, kami persilahkan untuk melakukan donor plasma Konvalesen," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00