Residivis Pencuri Mobil Asal Jawa Barat Ditangkap Satreskrim Polres Cilegon

KBRN, Cilegon : Empat sindikat pelaku pencurian mobil asal Jawa Barat, ditangkap anggota Satreskrim Polres Cilegon dengan cara ditembak pada bagian kakinya. Keempat pelaku itu berinisial SA, FY, NA dan AS. Dari tangan keempat pelaku, polisi mengamankan tiga unit mobil hasil curian untuk dijadikan sebagai barang bukti. 

"Empat pelaku ini residivis, pada saat akan ditangkap (Pelaku) melakukan perlawanan. Untuk di Cilegon sendiri berdasarkan pengakuannya itu pelaku melakukan aksinya di sekitar Bojonegara dan Cilegon, tapi kita tetap akan terus melakukan pengembangan," kata Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono saat Konferensi Pers di Mapolres Cilegon,  Senin (14/9/2020).

Meski begitu, lanjut Sigit, pihaknya tidak akan mempercayai begitu saja terhadap pengakuan para pelaku dalam melakukan aksinya (Pencurian). 

"Kalau kita belum ada alat bukti (Lengkap) hanya pengakuan saja. Maka itu bisa saja (Bohong), tapi tetap para petugas akan mencari alat bukti yang lain sehingga dapat dilakukan pengembangan," ucap Sigit. 

Sigit menyampaikan, para pelaku melakukan aksinya dengan cara mencongkel pintu mobil menggunakan konci leter T dan membongkar kontak mobil dengan menggunakan mesin Bor. 

"Para pelaku beraksi jam 3 subuh, pertama dia pakai kunci leter T kemudian dibor untuk menyambung kabel starter mobil curianya itu," ujarnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Maryadi menyampaikan, ada beberapa indikator keberhasilan petugas dalam mengungkap kasus pencurian. Salah satunya yakni, kecepatan korban dalam melapor ke petugas kepolisian.

"Reaksi cepat, respon cepat pihak kepolisian. Seperti laporan korban kehilangan kepada petugas, keterangan saksi-saksi dan respon petugas serta jaringan pihak kepolisian," ucap Maryadi.

Maryadi mengungkapkan, pelaku menjalankan aksinya sesuai dengan pesanan. Mereka beraksi cepat ketika ada pesanan untuk dijual ke pemesannya.

"Sudah ada pemesannya, ketika ada pesanan mereka langsung metik. Dijualnya rata-rata dengan harga 14 hingga 17 Juta rupiah perunitnya," ungkapnya. 

Ia menambahkan, dari hasil pengungkapan kasus tersebut. Petugas mengamankan tiga unit mobil dari tangan pelaku untuk dijadikan sebagai brang bukti. 

"Polisi mengamankan 3 unit mobil hasil curian dari para pelaku. Penangkapan terhadap 4 pelaku terjadi di daerah Subang, Indramayu, dan Cirebon. Para pelaku merupakan asli Jawa Barat yang sengaja datang ke Cilegon untuk melakukan aksi pencurian tersebut," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00