FOKUS: #VAKSIN COVID

Melandai, Polda Banten Tetap Gelar Operasi Aman Nusa Covid-19

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto. Foto Nasrudin

KBRN, Serang: Kepolisian Daerah  (Polda) Banten menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Aman Nusa II Maung-Penanganan Covid-19 Tahun 2022” dalam rangka penangananan penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polda Banten. 

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengatakan Operasi Aman Nusa II Maung 2022 dilaksanakan selama 30 hari, sejaj 15 Maret-13 April 2022 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, sosialisasi dan pengamanan serta pengawalan vaksinasi yang didukung Deteksi, Humas serta penegakan hukum. 

"Meski Covid-19 mulai landai, namun Polda Banten tetap fokus dalam penanganan Covid-19 terutama dalam meningkatkan disiplin masyarakat terhadap prokes 5M dan vaksinasi dosis 2 dan booster," ujar Rudy.

Rudy mengajak para Kapolres jajaran agar lebih kreatif dalam memotivasi warganya untuk divaksin sehingga herd immunity tercapai menuju pemulihan ekonomi nasional. "Polda Banten dan Polres jajaran aktif berkolaborasi dengan Satpol PP dalam mendisiplinkan warga terhadap prokes 5M, juga sosialisasi serta edukasi warga tentang bahaya Covid-19 apapun variannya," tambah Rudy.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menjelaskan sasaran dalam Operasi Aman Nusa II Maung 2022 segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN) yang dapat menghambat dan mengganggu penanganan penyebaran Covid-19. "Selain itu, ada 4 target sasaran dalam Operasi Aman Nusa II Maung 2022 yaitu orang, benda, tempat dan kegiatan, serta sebanyak 419 personel Polda Banten dan Polres jajaran yang diterjunkan ke lapangan," ucap Shinto Silitonga. 

Dalam pelaksanaannya, kata Shinto operasi ini terbagi menjadi 7 Satuan Tugas (Satgas) diantaranya Satgas 1 yang melaksanakan tugas deteksi dini yang terdiri dari mapping sebaran Covid-19, kemudian satgas dua yakni Bimas yang melaksanakan himbauan pencegahan. Selanjutnya satgas 3 yakni keptuhan Prokes dan satgas 4 berupa pelayanan kesehatan. 

"Untun Satgas 5 yaitu pengamanan dan pengawalan vaksin, satgas 6 adalah penegakkan hukum hingga satgas 7 yakni fungsi Humas," tandas Shinto. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar