Pertahankan Kearifan Lokal, Warga Desa Kapul Kab Balangan Gelar Pameran Budaya

Istimewa

KBRN, Paringin : Desa Kapul, Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, menggelar pameran budaya dengan tema “Bamula Welum”, bertempat di Sanggar Seni Budaya Wadian Tambai Desa Kapul, Kecamatan Halong.

Tujuan diadakannya pameran budaya desa yaitu ingin mengangkat kembali budaya tradisional seperti kerajinan tangan, permainan tradisional, kuliner dan budaya, dimana sekarang sudah tergerus oleh perkembangan zaman.

Erwan Mega Karya Latif selaku Assiten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Balangan menyampaikan, rasa bangga dan salut kepada anak-anak di Desa Kapul karena mau mengadakan kegiatan ini,

“Dimana ini sebenarnya sangat penting karena di era sekarang ini banyak masuknya budaya-budaya luar lewat media sosial, dengan ini kita dapat menyaring kembali, mempertahankan kearifan lokal masyarakat dan memperkenalkan budaya kita kepada publik”, ucap Erwan.

Ia berharap, semoga kedepannya kegiatan ini tetap berlanjut dan tetap eksis serta lebih berperan aktif lagi.

Dedi Ariyadi selaku ketua penyelenggara juga turut menyampaikan, dengan adanya pameran ini masyarakat khususnya Desa Kapul dan generasi muda lebih mengenal budaya kita sendiri, dimana dengan mengenal inilah kita merasa ada kepedulian terhadap kebudayaan.

Ia berharap, khususnya generasi muda semoga muncul rasa cinta dan kepeduliannya terhadap budaya kita sehingga jika ada event seperti ini akan berlanjut terus.

Upaya masyarakat Kapul untuk mempromosikan budayanya ini, mendapat apresiasi khusus dari Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar