Pemkab HSS Gelar Pekan Kebudayaan 2021

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSS bekerjasama dengan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOT) HSS menggelar pekan kebudayaan HSS 2021 dalam rangka Hari Jadi ke 71 Kabupaten HSS sejak Senin (15/11/2021) kemarin. 

Pembukaan pekan kebudayaan Kabupaten HSS tersebut, dihadiri Bupati HSS Achmad Fikry dan Ketua DPRD Kabupaten HSS Akhmad Fahmi, yang dimeriahkan dengan Tari Bakanjar dari Kadamangan Loksado. 

Pembukaan juga ditandai dengan pelemparan bola dalam permainan roboh menara oleh Bupati Fikry dan Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSS Siti Erma, mengatakan pekan kebudayaan HSS dilaksanakan dari 15 sampai 20 November 2021, dengan kegiatan lomba memasak nasi humbal, menyanyi lagu banjar, permainan rakyat (balogo, gulinding kulikar, roboh menara, ketapel dan sumpit) serta pagelaran musik kurung-kurung, musik panting, Tari bakanjar dan bagasing.

"Pekan Kebudayaan HSS untuk memperkenalkan dan menumbuhkembangkan rasa cinta peserta didik sebagai generasi milenial pada kebudayaan terutama budaya tradisi," ujar Erma. 

Menurutnya, pekan kebudayaan ini menyasar siswa-siswi SLTP dan SD di Kabupaten HSS dengan total siswa yang terlibat 325 orang, siswa SD 190 orang dan SMP 123 orang. 

"Meskipun pekan Kebudayaan HSS digelar secara sederhana, namun menyentuh 4 obyek pemajuan kebudayaan dan pengetahuan tradisional, seni, olahraga dan permainan rakyat," ujarnya

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry, menyambut baik pekan kebudayaan HSS 2021 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSS. 

Bupati Fikry berharap kegiatan dapat memunculkan prestasi anak-anak, namun tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat agar tidak terjadi kluster baru penyebaran Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar