Wisma PGSD, Posko Pengungsian Alternatif Bagi Korban Terdampak Banjir

Wisma PGSD
Wisma PGSD

KBRN, Banjarmasin : Bencana banjir yang melanda Kota Banjarmasin membuat gelombang pengungsian terus mengalir ke sejumlah posko banjir. Salah satu lokasi yang dijadikan tempat pengungsian adalah wisma Program Studi PGSD dan PG PAUD Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pihak pengelola wisma menyediakan tempat pengungsian untuk menampung para korban banjir yang hingga Rabu (20/1/2021) yang berjumlah 41 Jiwa. Profesor Ahmad Suriansyah, Ketua PGSD PG PAUD Peduli mengatakan, wisma tersebut berkapasitas 30 kamar, sementara 1 kamar bisa diisi 4 orang.

“Sudah di konfirmasi ke panita, bahwa sudah ada beberapa pengungsi yang mau datang, kemungkinan besok akan bertambah,” tuturnya.

Ia menambahkan, apabila ruangan wisma guru penuh dan masih banyak warga ingin mengungsi, pihak PGSD dan PG PAUD akan menyiapkan ruangan lagi untuk tambahan.

“Kami juga menyediakan ruangan kamar dan tempat mandi, termasuk menyediakan makanan dan selimut bagi warga yang mengungsi,” ucapnya.

Relawan yang tergabung dari Mahasiswa dan Dosen ini juga memberikan pelayanan yang cukup memadai. Guna memastikan kesehatan para pengungsi tetap terjaga, panitia sudah menyiapkan fasilitas medis teruntuk para pengungsi yang memiliki keluhan. 

Selain itu, panitia juga memberikan pelayanan extra kepada anak-anak, bayi dan balita dengan menyiapkan popok. 

"Sedangkan uktuk para pengungsi disini akan diberikan makan 3x sehari dan dalam ruangan kamar sendiri sudah ada tempat kamar mandi, serta selimut bagi warga yang mengungsi sudah disediakan panitia,” ucap salah satu relawan, Arpani.

Sejauh ini biaya konsumsi untuk para pengungsi korban banjir adalah hasil dari donasi dosen dan mahasiswa yang turut berdonasi dalam bentuk makanan pokok dan tunai. Oleh karena itu, sangat diperlukan tambahan bantuan dari pihak donatur lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00