Jaga Lingkungan Dengan Menukarkan Sampah Menjadi Bahan Pokok

KBRN, Banjarmasin : Sudah menjadi kebiasaan sebagian warga di Jalan Jeruk Purut, Kelurahan Sungai Andai, Kota Banjarmasin. Menjadikan sampah memiliki manfaat dan nilai tukar.

Melalui bank sampah Bahemart, sampah rumah tangga berupa botol plastik, kertas, ataupun kardus bekas dapat mereka tukarkan dengan barang kebutuhan rumah tangga seperti gula atau bahan pokok lainnya. 

Cukup dengan membawa sampah yang telah dipilah untuk ditimbang dan dimasukkan ke dalam rekening tabungan sebagai nasabah bank sampah Bahemart.

Kegiatan bank sampah ini dijalankan oleh Istiqomah bersama suaminya, dibantu para relawan lain yang juga warga lingkungan sekitar.

Istiqomah mengatakan, bank sampah ini sudah berjalan selama satu tahun dan kini memiliki puluhan nasabah. Dimana tempat ini sebagai wujud edukasi kepada warga untuk berpartisipasi mengurangi sampah plastik. 

“Mereka saya himbau mengumpulkan bekas-bekas plastik dan buku-buku bekas anak mereka sekolah lalu saya suruh ke sini untuk ditukarkan sembako,” ujarnya. Senin (30/11/2020).

Dengan adanya bank sampah ini, menurut salah satu warga Hayumi, juga dirasakan sangat membantu ditengah kondisi perlambatan ekonomi akibat pandemi.

“Saya menyetor sampah disini, bisa ditukar dengan isi ulang galon dan sembako. Terbantu sekali dengan adanya bank sampah ini karena dapat menambah penghasilan,” ucapnya.

Bank sampah bahemart, tak hanya bahan pokok ataupun isi ulang air galon, dari sampah yang diserahkan warga juga bisa menabung emas melalui kerjasama yang dilakukan oleh pihak kedua yakni pegadaian. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00