Tenaga Medis : Jangan Sia - Siakan Perjuangan Kami!

KBRN, Banjarmasin: Tanggung jawab dan rasa kemanusiaan membuat mereka tetap harus menjalankan tugas, meski risiko besar terpapar COVID-19 kapan pun bisa terjadi.

Mereka adalah para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan virus corona. Sudah tak terhitung berapa tenaga kesehatan yang menjadi korban. 

Di Kalimantan Selatan dilaporkan sekitar 30 tenaga kesehatan yang teronfirmasi positif Covid-19, baik itu dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya.

Meski begitu Ema Yuanda salah seorang tenaga medis di RSUD Ansari Saleh mengakui walau berisiko ikut terpapar namun Ia bersama rekannya menyadari ini lah sebuah pengabdian.

"Jujur awalnya takut harus bertugas diruangan pasien Covid tapi mau gimana lagi kami harus tetap semangat karena itu adalah tugas mulia dan kewajiban sebagai tenaga kesehatan,"katanya,Kamis(18/6/2020).

Tuntutan pekerjaan memaksa mereka menahan kerinduan terhadap keluarga untuk beberapa saat, yang mungkin akan terasa sangat lama.

"Sudah sebulan lebih saya disini menahan rindu bertemu keluarga,"ujarnya.

Sebagai orang yang berinteraksi dengan ODP, PDP, bahkan pasien yang positif, kekhawatiran mereka adalah menjadi pembawa virus ke keluarga. Belum lagi tidak sedikit dari rekannya yang kini harus dirawat.

"Sedih melihat teman teman seperjuangan saya harus tumbang dan akhirnya dirawat menjadi pasien. Tapi jauh lebih sedih ketika masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan,"ungkap Ema.

Karena itu lah Fakhmy Aditya tenaga medis lainnya yang bertugas di RS Sultan Suriansyah berharap masyarakat sadar akan pentingnya melindungi diri ditengah pandemi.

"Betapa kami sudah bekerja keras mengabdi untuk masyarakat tapi jumlah kasus terus saja meningkat. Kepada warga kami terus ingatkan agar tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. Agar Ikhtiar dan doa kita semua  serta perjuangan seluruh petugas medis tidak menjadi sia -sia,"harapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00