Mahasiswa Kedokteran ULM Bentuk Kader Hipertensi di Banjarbaru

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi di Kelurahan Guntung Paikat RT 05, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Banjarbaru, menjadi perhatian serius mahasiswa.

Berdasarkan diagnosa komunitas kegiatan pengalaman belajar lapangan (PBL) mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, penyakit ini banyak diderita warga di tempat ini.

Atas dasar itu, dibentuklah kader hipertensi sebagai intervensi upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tekanan darah tinggi di Guntung Paikat RT 05.

Para kader tersebut diberi pelatihan pengukuran tekanan darah dan cara pengisian buku pemeriksaan hipertensi yang akan mereka lakukan kepada warga Guntung Paikat.

“Kader juga difasilitasi dengan booklet dan alat tensimeter,” kata ketua pelaksana kegiatan, Devi.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan edukasi dan pemeriksaan tekanan darah yang dilakukan secara dua kali dengan rentang waktu satu bulan.

Devi berkata kegiatan edukasi dan pemeriksaan tekanan darah yang dilakukan dua kali ini bertujuan mengetahui dan membandingkan pengetahuan warga Guntung Paikat tentang hipertensi.

“Warga juga diberikan kalender hipertensi sebagai media untuk membantu meningkatkan pengetahuan” tuturnya.

Sementara dosen pembimbing PBL mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat FK ULM, Fakhriyah berharap kegiatan semacam ini membuat masyarakat bisa mandiri melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

“Hal ini sebagai upaya untuk pencegahan dan pengendalian hipertensi” harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar