PLN Bantu Tempat Panyimpanan Plasma Untuk PMI Banjarmasin Senilai Rp 200 Juta

KBRN, Banjarmaain : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin kini punya tempat penympanan khusus plasma konvalesen guna menjaga agar stok tetap aman.

Bantuan tempat penyimpanan itu berupa satu unit kulkas khusus plasma konvalesen dari PLN Kota Banjarmasin.

Secara simbolis diserahkan langsung oleh pihak UPP PLN Kota Banjarmasin kepada Ketua PMI Kalsel, Rusdiansyah di gedung UDD Kota Banjarmasin, Kamis (25/11) siang.

Sudarto Manajer UPP PLN Kota Banjarmasin mengatakan,  bantuan senilai Rp 200 juta  itu berasal dari PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng yang diserahkan melalui pihaknya.

“Semoga bisa memudahkan kinerja petugas PMI untuk menyimpan plasma agar tetap bisa digunakan kepada warga yang membutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit menjelaskan, tempat penyimpanan plasma itu sangat penting  lantaran alat pendingin yang dimiliki PMI sudah rusak dan tidak bisa lagi digunakan untuk menyimpan stok plasma.

Menurutnya, kulkas tersebut tidak hanya diperuntukkan menyimpan plasma konvalesen saja, namun bisa juga digunakan sebagai penyimpanan plasma darah biasa.

Pasalnya, permintaan plasma darah yang digunakan untuk pasien non covid di Banjarmasin masih terbilang cukup tinggi dari pasien-pasien di rumah sakit.

“Kebanyakan yang menggunakan itu pasien pengidap kanker yang menjalani perawatan di rumah sakit,” ujarnya.

Dia mengaku pihaknya tidak bisa memproduksi plasma langsung banyak lantaran alat penyimpanan milik PMI sudah lama rusak.

0

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar