Sempat Vakum, Pemilihan Naga Banjarmasin Kembali Digelar Tahun Ini

Fatimah Adam.jpg

KBRN, Banjarmasin : Sempat vakum selama tiga perhelatan, ajang tahunan Pemilihan Nanang Galuh (Naga) kota Banjarmasin tahun 2021 kembali diagendakan.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Fatimah Adam. Dirinya mengatakan ada sejumlah alasan yang menjadi dasar dihelat kembali ajang tersebut. 

Salah satu pertimbangan adalah faktor regenerasi. Adanya kemungkinan Naga di tahun-tahun sebelumnya ingin membangun rumah tangga, hal ini membuat yang bersangkutan secara otomatis tidak bisa lagi menyandang status Naga.

"Alasan kedua, yakni lantaran sangat memerlukan Naga sebagai duta wisata, dan duta budaya. Ambil contoh, ketika Kepala Daerah, dalam hal ini Wali Kota Banjarmasin, melakukan kunjungan ke daerah lain, perlu adanya Naga sebagai simbol seni budaya," kata Fatimah Adam ketika ditemui di kantornya, Kamis (25/2/2021).

Begitu pula ketika mendapatkan kunjungan pejabat dari daerah lain. Atau ketika Kota Banjarmasin menggelar sebuah acara yang tentunya juga memerlukan Naga. Maka perlu kembali diadakan ajang pemilihan Naga.

"Alhamdulillah usul pemilihan Naga tahun ini disetujui pak Kadis. Selain itu, kami juga berterima kasih kepada alumni Naga kota Banjarmasin angkatan pertama tahun 1983, Dwi Kawang Yoedha, SH. Beliau memberikan dukungan penuh untuk terselenggaranya Naga Tahun ini," tambahnya.

Seiring dengan masih adanya pandemi, Fatimah menjamin bahwa pemilihan Naga bakal dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Gelarannya pun bakal sangat sederhana alias minimalis.

"Pendaftaran, nanti bergiliran. Pun demikian dengan proses seleksi. Agar tidak menimbulkan kerumunan. Nantinya, prosesnya juga dilakukan secara webinar. Sedangkan nanti di acara grand final, kami membatasi hanya boleh dihadiri 40 orang. Dan acaranya disiarkan secara virtual," tekannya.

Disinggung mengenai tanggal pelaksanaan pemilihan Naga kota Banjarmasin tahun 2021, Fatimah mengungkapkan seluruh prosesnya dimulai pada pendaftaran yang dibuka pada 1 Maret hingga 23 April mendatang.

Ada pun persyaratan untuk pemilihan Naga diantaranya ber KTP Banjarmasin, usia 17 tahun sampai 23 tahun, belum pernah menikah, sehat jasmani dan rohani, mengisi formulir pendaftaran dan mengumpul biodata lengkap serta mengumpul foto full body berwarna 5 R, mengikuti pengarahan panitia, serta menaati tata tertib lomba.

"Berapa pun yang mendaftar, akan kami terima. Nantinya kami seleksi administrasi dan lain sebagainya. Bagi mahasiswa, ada surat keterangan dari kampus masih berstatus mahasiswa," ujar Fatimah.

Lalu bagaimana dengan mahasiswa yang berasal dari luar Banjarmasin, apakah diperbolehkan mengikuti seleksi pemilihan Naga?.

"Boleh saja, selama aktivitasnya berada di Banjarmasin. Karena ketika seandainya terpilih nanti, ruang lingkup aktivitasnya tentu di Banjarmasin sebagai duta kesenian dan duta kebudayaan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00