Besok Banjarmasin Harus Bebas APK

Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) kembali digelar, Sabtu (05/11) malam nanti, Tepatnya, pada pukul 00.00.

Kali hanya ditujukan untuk APK bandel atau dipasang diluar ketentuan yang menyasar seluruh APK.

Penertiban ini terakhir sebelum masuknya masa tenang menjelang Pilkada Serentak 9 Desember mendatang.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banjarmasin, Kasman, mengatakan kemungkinan besar bakal berlangsung hingga subuh, hingga seluruh kawasan terbebas dari APK.

"Personel yang diturunkan pun lengkap. Lebih banyak dari jumlah personel sebelumnya. Selain dari KPU dan Bawaslu Kota Banjarmasin, juga melibatkan TNI, Polri, Dishub dan Dinas Lingkungan Kota Banjarmasin," ungkapnya Jumat (04/12/2020).

Di lapangan nanti, diserahkan kepada pihak KPU Kota Banjarmasin yang pada penertiban kali ini bertindak sebagai leading sector.

Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Taufikurrakhman menjelaskan bahwa personel dibagi menjadi lima tim untuk lima kecamatan di kota Banjarmasin.

"Penertiban sendiri dilakukan sudah tepat pada waktunya. Yakni, tiga hari menjelang waktu pemungutan suara atau masa tenang," ucapnya.

Sebelum tim penertiban bergerak pada jam 12 malam, Taufik berharap APK sudah ditertibkan oleh relawan hingga tim di masing-masing Pasangan Calon (Paslon).

"Kita sudah bersurat sebelumnya, masing-masing Paslon, agar menurunkan sendiri APK-nya sebelum masa tenang. Atau paling lambat tanggal 5 Desember," Katanya

Nantinya penertiban juga dihadiri oleh perwakilan dari Bawaslu RI. Kehadirannya, sendiri ingin memantau bagaimana kondisi di Kabupaten/Kota.

Terkait bagaimana nantinya bila ternyata masih ada APK yang ternyata masih tersisa, untuk penindakan lanjutan ada pada Bawaslu. Umumnya, Paslon bakal dikenakan sanksi administratif.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00