Debat Final Menuju Kalsel 1, Ini Strateginya Tangani Covid-19

KBRN, Banjarmasin : Strategi penanganan Covid-19 jadi salah satu isu dalam debat pamungkas Pilgub Kalsel, Sabtu (28/11/2020) malam.

Mendapatkan pertanyaan pertama dari moderator Cagub No urut 2 Denny Indrayana mengatakan, menghadapi tantangan besar Covid 19 ini harus dilakukan pendekatan luar biasa.

“Diperlukan strong leadership, untuk pengambilan keputusan yang  sulit. Kedua, dalam hal semacam ini, semua stakeholder harus dilibatkan. Terutama gugus tugas diberikan porsi lebih maksimal. Demikian juga para petugas medis telah memberikan yang terbaik, harus diapresiasi,” katanya.

Penanganan Covid-19 kata dia, juga harus disertai adanya anggaran yang memadai. Dimana anggaran hadir bukan hanya dalam angka, tapi juga tanpa penyimpangan.

"Jangan sampai anggaran Covid diselewengkan untuk kepentingan pemilu. Jangan sampai menyimpang dari keharusan. Harus dilepaskan dari kepentingan di luar humanisme. Semua harus bekerja luar biasa,” tegasnya.

Di sisi lain, Ia juga mendorong agar vaksin segera ditemukan. Dalam hal ini, ia juga akan memberikan dorongan kepada Universitas seperti ULM agar bisa mengambil langkah membantu melawan Covid.

"Jangan kecilkan artinya kampus kita. Di luar itu, kita berserah diri kepada Allah SWT, setelah semua usaha dengan maksimal dilakukan. Dia jadi ikhitiar doa jangan dilupakan,” katanya.

Sementara Cagub No urut 1 Sahbirin,  mengatakan menyatakan saat dirinya menjabat telah mengumpulkan jajaran Forkopimda untuk bersinergi dalam memerangi pandemi Covid-19.

“Kita berdisikusi lalu mengambil langkah-langkah yang harus dilaksanakan. Terutama langkah yang diambil adalah menyelamatkan masyarakat. Jadi kita bukan hanya sekedar teoritis, bicara akan dan akan. Sampai detik ini 90 persen tingkat kesembuhan di kalsel," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00