Kontingen SoIna asal kota Banjarmasin dilepas

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina secara resmi melepas Kontingen Special Olympics Indonesia (SoIna) kota Banjarmasin yang akan bertanding di ajang Pekan Spesial Olympics Nasional (Pesonas) I 2022 di Semarang.

KBRN, Banjarmasin: Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina secara resmi melepas Kontingen Special Olympics Indonesia (SoIna) kota Banjarmasin yang akan bertanding di ajang Pekan Spesial Olympics Nasional (Pesonas) I 2022 di Semarang. 

Pelepasan tersebut dilaksanakan Lobby Balaikota Banjarmasin, dihadiri oleh Ketua SoIna kota Banjarmasin, Hesly Junianto, Sekertaris Daerah kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Kepala Disbudporapar kota Banjarmasin diwakili kepala bidang olahraga, Roenissa. 

Atlet-atlet berkebutuhan khusus asal kota Seribu Sungai itu akan bergabung dengan kontingen Kalimantan Selatan pada ajang Pesonas dari tanggal 3-8 Juli 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

H Ibnu Sina berharap para atlet-atlet yang akan bertanding dapat memberikan kemampuan terbaiknya untuk meraih prestasi gemilang dan mengharumkan nama Kalsel.

"Tunjukkan kemampuan kalian untuk meraih prestasi. Mudah-mudahan kontingen memberikan hasil terbaik dalam ajang Pesonas, dan pulang sebagai pahlawan olahraga bagi kota Banjarmasin," terangnya.

Ibnu menegaskan pihaknya tidak pilih kasih dalam memberikan memberikan perhatian. Salah satunya adalah dengan menindaklanjuti usulan bonus terhadap atlet berprestasi.

"Sebagai bentuk perhatian pemerintah kota dan implementasi dari Banjarmasin kota inklusi, akan kita tindaklanjuti soal bonus bagi atlet berprestasi, sesuai usulan SoIna kota Banjarmasin," tambahnya. 

Sementara itu, Ketua SoIna kota Banjarmasin, Hesly Junianto mengatakan, 12 atlet SoIna kota Banjarmasin akan berjuang di 4 Cabor. Diantaranya sepakbola, Basket, Renang, dan Senam Ritmik.

"Total yang berangkat dari kota Banjarmasin ada 20 orang. Terdiri dari atlet, pelatih, pendamping, dan ofisial," kata Hesly.

Dirinya optimis pada keikutsertaan kali ini, Kalsel bisa meraih prestasi dengan bercokol di peringkat 5 besar. 

"Sangat optimis. Buktinya salah satu atlet yang berangkat dari kota Banjarmasin ini ada yang pernah menjadi juara nasional, yakni peraih medali emas Cabor renang pada gelaran Peparnas Papua lalu," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Special Olympics Indonesia atau SOIna adalah satu-satunya organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga bagi warga Tunagrahita di Indonesia.

Gelaran Pekan Spesial Olympics Nasional (Pesonas) 2022 di Semarang ini merupakan ajang penjaringan dan seleksi menuju Special Olympics World Summer Games (SOWSG) di Berlin, Jerman pada tahun 2023 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar