Dispora Kalsel Bakal Gelar Paman Birin Cup Basketball 2022

Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus, Budiono.

KBRN, Banjarmasin: Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal menggelar Festival Paman Birin Basketball 5x5 Cup 2022. Kegiatan yang bekerjasama dengan Perbasi Kalsel dan Sunday Morning itu disambut secara antusias oleh para klub-klub dan komunitas basket di Kalimantan Selatan.

Sebelumnya Basketball Paman Birin Cup sudah pernah diselenggarakan, namun dengan kategori 3x3 dan hanya untuk kategori pelajar se Kalsel.

Ketua Pelaksana Festival Paman Birin Basketball Cup 2022 M Nizar Saputra menjelaskan, diadakannya Festival Basketball tersebut bertujuan untuk lebih memperkenalkannya olahraga basket ke masyrakat.

“Tujuan kami menggelar ini agar masyrakat di kalimantan selatan dapat lebih mengenal cabang olahraga basket. Juga menumbuhkan bibit baru pebasket profesional yang diharapkan mampu mengharumkan nama Kalsel di kemudian hari,” jelasnya.

Nizar membeberkan, kompetisi yang bakal dilaksanakan di GOR Hassanuddin Banjarmasin itu menggunakan format knockout, atau sistem gugur.

“Karena waktunya yang singkat, kita menggunakan sistem gugur dalam kompetisi tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Tradisional dan Layanan Khusus, Budiono mengatakan, kegiatan festival basketball 5x5 paman birin cup 2022 ini akan diselenggarakan mulai 26 mei sampai 29 mei 2022.

“Ada 16 peserta yang mengikuti festival ini. Tidak semua kabupaten kota mengirim perwakilan, karena mungkin keterbatasan waktu dan biaya,” ujarnya.

Budiono berharap momentum keberhasilan Tim basket Indonesia yang meraih medali emas pada ajang Sea Games Vietnam beberapa hari lalu bisa menular. Sehingga animo basket semakin bergelora di Bumi Lambung Mangkurat.

"Karena keberhasilan Tim basket Indonesia yang meraih emas, itu merupakan sebuah prestasi. Kami berharap momentum itu bisa membuat kita termotivasi untuk meningkatkan prestasi dan semangat berolahraga, khususnya cabang olahraga bola basket" ucap Budiono.

Antusiasme peserta ditunjukkan oleh salah satu pemain dari klub Sunday Morning yang juga ikut berpartisipasi dalam kompetisi basket paman Birin Cup, Alvin (25) mengatakan, bahwa pihak klubnya sendiri sangat antusias dalam mengikuti ajang kompetisi basketball tersebut.

“Euforia dari klub pasti lebih meningkat dari kompetisi sebelum-sebelumnya,” ujarnya.

Mantan pemain PON Kalsel tersebut mengungkapkan, pihaknya sudah siap 90 persen untuk bertanding di kompetisi tersebut. 

“10 persennya nanti pas berada dilapangan saat bertarung dengan musuh,” bebernya.

ia juga mengungkapkan, festival ini sangat spesial, karena pertandingan ini tidak hanya klub di Kota Banjarmasin yang ikut, melainkan ada beberapa klub dari daerah di luar kota Banjarmasin.

“Yang paling jauh tadi waktu technical meeting klub dari batulicin,” ungkapnya.

Alvin sendiri sebagai pemain berharap, acara Festival Basketball Paman Birin Cup 2022 ini akan menjadi agenda rutin tahunan, sehingga dapat memberikan dorongan untuk mengembalikan atmosfer pertandingan di Kalimanta Selatan usai pandemi covid-19.

“Selain itu saya juga berharap nanti ada ditambah lagi kategorinya, seperti kategori putri, dan juga pelajar untuk basket 5x5 nya,” harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar