Catat, Warga Keluyuran Malam Saat PSBB Siap Siap Sanksi Hingga Pidana

KBRN, Banjarmasin : Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai Jumat (24/4/2020) sampai dengan 14 hari guna untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Kota Seribu Sungai.

Ada pemberlakuan jam malam untuk membatasi kegiatan masyarakat di ruang publik, mulai pukul 21.00 hingga dengan 06.00 Wita.

“Selama PSBB kegiatan di malam hari juga akan dibatasi  Kebijakan ini tertuang dalam Perwali Kota Banjarmasin Nomor 33 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan PSBB,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, di Banjarmasin, Kamis (23/4/2020).

Pemberlakuan jam malam kata Machli, akan diawasi oleh TNI-Polri dan Satpol-PP yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin.

"Pada jam tersebut, segala bentuk kegiatan pergerakan orang dan barang akan dihentikan," jelasnya.

Namun, demikian ada pengecualian bagi toko kebutuhan pokok, ambulans, angkutan logistik termasuk bahan bangunan, angkutan BBM, mobil pemadam kebakaran, mobil patroli," ujarnya.

"Termasuk angkutan yang membawa orang untuk berobat ke rumah sakit atau dokter, namun dengan syarat mengenakan masker dan membawa kartu identitas diri, jika tidak yang bersangkutan diminta pulang ke rumah,” imbuhnya.

Bagi warga yang melanggar kebijakan ini, maka petugas akan memberikan sanksi berupa teguran,  Jika sebanyak tiga kali tak mengindahkan maka diberikan sanksi hukum.

“Sudah beberapa kali masih membandel, warga yang bersangkutan akan diberikan sanksi hukum apalagi sifatnya menghalangi pemerintah, berupa catatan kriminal dari kepolisian," tegasnya

Dengan demikian warga Banjarmasin bisa mendukung dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota selama diterapkannya PSBB agar kondisi Pandemi segera berakhir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00