Danrem 101 Antasari, Pastikan Bantuan Logistik TNI AD Sampai Ke Tangan Masyarakat

KBRN, Banjarmasin : Bantuan kemanusiaan TNI Angkatan Darat yang diangkut Kapal ADRI-L untuk korban banjir di Kalimantan Selatan, dipastikan akan tepat sararan hingga dapat langsung dirasakan masyarakat.

Pernyataan itu ditegaskan Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah, usai upacara penyerahan bantuan secara simbolis, di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Jumat (22/1/2021).

Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengatakan dalam pendistribusian bantuan logistik, TNI akan akan mengerahkan para Bhabinsa untuk pengawalan hingga sampai ke tangan msayarakat.

"Agar tepat sasaran kita punya anggota yang sudah mempunyai data dari lapangan, dari situlah kita ketahui wilayah mana yang kita prioritaskan untuk distribusi logistik,"ungkap Danrem.

Meski kata Danrem, banjir di beberapa wilayah Kalsel sudah mulai surut, namun upaya kemanusiaan ini belum selesai.

"Jadi masih ada wilayah yang masih belum surut seperti Sungai Lulut, Sungai Tabuk. Untuk wilayah itu bagaimana kita fokuskan untuk upaya evakuasi dan dorongan logistik bagi yang masih mau bertahan dirumah," jelasnya.

TNI juga akan mengerahkan segala personil yang ada untuk semaksimal mungkin membantu masyarakat yang terdampak banjir salah satunya dari sisi medis.

"Disamping membantu evakuasi, tempat pengungsian. Kita juga akan tangani dalam hal kesehatannya, karena saat ini warga mulai mengeluhkan sakit gatal-gatal. Maka sejumlah dokter dan obat-obatan juga kita siapkan,"terang Danrem.

Terakhir Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Firmansyah juga tak lupa mengingatkan masyarakat yang tengah dilanda bencana agar tetap menjalankan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19.

"Masyarakat juga jangan lupa kita masih masa pandemi Covid-19. Jangan Sampai ada penambahan kasus yang seharusnya tidak oerlu," pungkas Danrem.

Untuk diketahui dalam misi kemanusiaan ini TNI akan mendistribusikan Paket logistik sebanyak 74,6 ton beras, 14.109 dus mie instan, 1.214 dus Minyak goreng,134 dus makanan kaleng, 801 dus biskuit, 654 dus susu untuk bayi, dan 25 dus vitamin.

Sementara dalam penunjang operasional pendistribusian agar logistik berjalan lancar ke daerah yang akses daratnya putus, sebanyak 3 helikopter telah disiapkan masing masing dari Kodam VI Mulawarman, BNPB, dan Basarnas.

Selain logistik untuk penanganan agar akses yang terputus bisa dilalui juga ada beberapa alat berat seperti Crain Cargo 2 Unit, Trado 1 Unit, Dump Truck 24 Ton 1 Unit, Dump Truck 8 Ton 1 Unit, 1 Set Jembatan Acrow Tipe 1-1 10 Petak dan 1 Set Jembatan Compact Tipe 1-1 10 Petak.

Bantuan yang diangkut Kapal ADRI-L tersebut serahkan langsung secara simbolis oleh Pangdam VI Mulawarman Mayor Jendral TNI, Heri Wiranto kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor di pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00