Terdampak Banjir, Pengungsi : Anak Saya Perlu Susu

Beginilah suasana pengungsi digedung terminal km 6 Banjarmasin.jpg

KBRN, Banjarmasin : Ratusan pengungsi masih bertahan digedung Terminal tipe B milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di KM 6 Banjarmasin, sebagai  tempat pengungsian korban yang terdampak banjir.

Berdasarkan pantuan RRI , Rabu (20/1/2021), sejumlah warga yang ada di pengungsian tersebut mulai mengeluhkan gatal-gatal,  flu, batuk, dan diare.

"Sudah enam hari kami disini karena dirumah sudah tinggi sekali airnya. Makan sih alhamdulillah cukup tapi kondisi kesehatan saja yang kadang meriang, gatal - gatal dan diare,"ungkap Sinah warga Gg lima oktober.

Sementara itu Mira warga lainnya berharap untuk jenis obat -obatan untuk anak - anak bisa dibagikan karena sudah banyak yang masuk angin. 

"Kalau bisa dikasih lah obat tolak angin untuk anak - anak karena sudah ada yang diare karena masuk angin,"katanya.

Lain lagi dengan Norliani yang sangat berharap keperluan anaknya seperti susu dan juga bubur.

"Anak saya ini susunya habis tapi gak berani ngasih susu yang lain takut diare,"tuturnya.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Terminal KM-6 Banjarmasin Dishub Kalsel Rusma Khazairin menjelaskan, jumlah pengungsi ditempat ini mengalami pengurangan dibanding hari sebelumnya.

"Untuk saat ini jumlahnya sebanyak 504 orang, 396 orang dewasa dan serta sisanya anak - anak dan balita . Mereka menempati kios pedagang yang kosong dan lorong - lorong. Alhamdulillah kebutuhan makan mereka terpenuhi tiga kali sehari,"ungkapnya.

Rusma mengakui, para pengungsi mulai mengeluhkan gataln- gatal selama dipengungsian. Ia juga berharap sampah yang menumpuk di terminal dapat segera diangkut oleh dinas terkait agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan warga.

"Semakin banyak pengungsi kan semakin banyak sampah, kita berharap dinas terkaitvdapat secara rutin memgangkut sampaj ditempat ini agar limbahnya tidak menimbulkan efek buruk bagi para pengungsi,"katanya.

Rusma juga mengatakan, Ia sudah menyampaikan hal ini kepada Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan dinas terkait dan berharap semuanya cepat terealisasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00