Blusukan di Kalsel, Jokowi Pantau Daerah Terdampak Banjir dan Lokasi Pengungsian

KBRN, Martapura : Sekian lama dinanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyambangi Kalimantan Selatan (Kalsel), guna meninjau lokasi yang terdampak banjir, Senin (18/1/2021) siang.

Tiba di Lanud Syamsudin Noor Banjarbaru sekitar pukul 12.48 WITA, Jokowi langsung meninjau lokasi terdampak banjir di Kelurahan Pakauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Dari sana, Jokowi juga meninjau Jembatan Mataraman yang aksesnya terputus karena bencana ekologis tersebut. Kepala Negara itu meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memperbaiki jembatan yang terdampak banjir dalam waktu 3 hari.

"Ada beberapa jembatan yang runtuh seperti yang kita lihat di belakang ini, ini juga salah satu jembatan yang runtuh akibat banjir dan saya sudah minta Pak Menteri PU agar dalam 3-4 hari ini bisa diselesaikan, sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu," kata Jokowi. 

Dalam kunjungan itu Jokowi juga mengecek perihal proses evakuasi di lapangan. Tak lupa, memantau terkait pemenuhan logistik untuk korban banjir Kalsel.

"Kedua, hal berkaitan dengan evakuasi saya melihat di lapangan tertangani dengan baik. Ketiga, logistik untuk pengungsi ini penting karena hampir 20 ribu masyarakat berada di pengungsian Sehingga 3 hal tadi yang penting untuk kita lihat. Sehingga kekurangan-kekurangan yang ada bisa dibantu oleh pemerintah pusat, selain juga dari logistik yang ada di pemerintah provinsi, kabupaten dan kota," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga kembali menyampaikan duka citanya kepada korban banjir Kalsel. 

"Terakhir saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal di musibah banjir di Kalimantan Selatan ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan," kata Jokowi. 

Lepas dari jembatan tersebut, Jokowi kemudian bergegas mengunjungi Stadion Demang Lehman, tempat pengungsian warga yang terdampak. Sembari menjaga jarak, presiden meninjau langsung lokasi peristirahatan warga, penyimpanan logistik sembako hingga posko kesehatan.

Selain sembako, Jokowi juga membagikan kaos hitam bertuliskan nama dirinya. Tidak ada komentar untuk awak media, rombongan bergegas melanjutkan perjalanan.

Blusukan Jokowi di Kalsel ditemani Gubernur, H Sahbirin Noor. Dibelakang Jokowi, turut datang Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dan sejumlah pimpinan SKPD.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00