PPKM Level 3 Batal, Kalsel Tetap Perketat Pintu Masuk Jelang Nataru

KBRN, Banjarmasin : Pemerintah batal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah Indonesia pada musim libur Natal dan tahun baru (Nataru). Namun Pemerintah Provinsi Kalsel tetap memberlakukan pengetatan keluar masuk orang.

Juru Bicara Tim Satgas Covid 19 Kalsel M. Muslim mengatakan, hal itu dilakukan agar angka kasus penyebaran covid 19 yang sudah melandai dapat bertahan. 

“Sesuai intruksi Gubernur, bagi kepala daerah agar tetap melakukan pengetatan diwilayahnya masih – masing. Selain itu juga tidak diperkenankan ada kegiatan yang berpotensi menimbulkan keramaian,”tegas Muslim.

Muslim melanjutkan, masyarakat juga diminta agar tidak mudik saat natal dan tahun baru guna mencegah penyebaran covid 19. Selain itu protokol kesehatan juga agar tetap dilaksanakan.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan keputusan pembatalan PPKN level 3 karena Indonesia sudah lebih siap menghadapi musim libur akhir tahun. Hal itu tercermin dari jumlah tes dan telusur yang lebih tinggi dari tahun lalu.

Meski begitu, pemerintah tetap akan menerapkan sejumlah pembatasan. Pemerintah melarang kegiatan perayaan tahun baru di seluruh pusat keramaian. Pusat perbelanjaaan, bioskop, restoran boleh buka maksimal 75 persen.

Selain itu, pelaku perjalanan jarak jauh wajib menunjukkan hasil tes antigen negatif Covid-19. Sampel diambil 1x24 jam sebelum keberangkatan. Orang yang tidak bisa menerima vaksinasi karena alasan medis tidak diizinkan bepergian jauh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar