Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 Spirit Bangkit Pariwisata Di Banua

KBRN, Banjarmasin : Parade puluhan Acil Jukung di Sungai Martapura, mengawali gelaran Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (22/10/2021) sore.

Terpusat di kawasan Siring 0 Km Banjarmasin, Festival Pasar Terapung berlangsung selama tiga hari hingga 24 oktober nanti.

Agenda tahunan Dinas Pariwisata Kalsel ini akhirnya kembali digelar seiring kondisi pandemi Covid-19 mulai bisa dikendalikan.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syaripuddin mengatakan, terkait protokol kesehatan pihaknya menerapkan Clean, Healthy, Safety, dan Environment (CHSE), sesuai dengan standar kesehatan, keamanan, dan kebersihan yang ditetapkan Pemerintah Indonesia.

"Kita menerapkan Prokes ketat, jumlah pengunjung juga dibatasi. Semoga gelaran ini membuat sektor pariwisata Kalsel bangkit," katanya.

Sementara, gelaran Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, sudah menjadi agenda setiap tahun yang selalu di tunggu untuk mendongkrak potensi wisata dan budaya juga menjadi spirit pelaku seni di Banua untuk terus berkarya.

Salah satunya, diungkapkan Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan dan Pariwisata (Disporapar) kabupaten Tabalong Lilis Marta Diana, sebagai salah satu peserta lomba Kampung Banjar.

"Bagi kami yang bergelut di bidang Pariwisata merasakan ini sebagai sesuatu yang luar biasa, kami sebagai orang Tabalong sangat bangga, demikian juga kawan-kawan yang terlibat dalam menampikan seni di daerah kami," ucapnya.

Adapun, Gelaran Festival Budaya Pasar Terapung Tahun 2021, diramaikan dengan berbagai lomba, seperti lomba fashion carnaval, lomba pawai budaya, lomba kelotok hias dan lomba kampung banjar.

Selain itu, ada juga lomba foto dan video, lomba acil jukung, dan lomba jukung diramaikan dengan atraksi acil jukung dan water show&laser, festival kuliner dan kopi. 

Serta berbagai hiburan kesenian dan artis banua yang akan memeriahkan Festival Budaya Pasar Terapung Tahun 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00