FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Banjarmasin Laksanakan PTS Tingkas SMP Secara Tatap Muka

KBRN, Banjarmasin : Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin tengah berlangsung pelakasanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengatakan pelaksanaan PTS secara tatap muka adalah hasil pertimbangan berbagai pihak. 

Mengingat saat ini di Banjarmasin masih banyak siswa yang tidak memiliki fasilitas untuk mengikuti pembelajaran secara daring. 

"Jadi repot nanti kalau tidak tatap muka karena ada beberapa siswa yang kesulitan untuk mengikuti PTS. Sehingga kita kemarin minta izin dengan Pak Wali. Alhamdulillah baik itu Pak Wali Tim Satgas Covid-19 mengizinkan pelaksanaan PTS dengan tatap muka," ucapnya disela memantau proses PTS di sekolah SMP Negeri 4 Banjarmasin, Kamis (16/9/2021).

Meski PTS tatap muka, pihaknya juga tidak memaksa seluruh siswa harus mengikuti, dalam artian masih diperbolehkan mengikuti PTS secara daring. 

"Tergantung. Tadi Ibu Kepala Sekolah juga melaporkan bahwa memberikan pilihan kepada siswa. Kalau dia memungkinkan untuk datang ke sekolah ya ikut PTS di sekolah. Tapi kalau seandainya dia memilih daring ya daring. Silahkan saja," tuturnya. 

Sedangkan untuk siswa yang sedang sakit maka mereka harus melakukan PTS di rumah saja. Sedangkan siswa yang mengikuti PTS tatap muka tentulah mereka yang kondisinya sehat. 

"Jadi yang ikut PTS ini mereka yang di sekolah harus sehat, kalau tidak ya di rumah saja. Jadi tidak masalah," tambahnya. 

Menurut Totok, pelaksanaan PTS di SMP Negeri 4 Banjarmasin berjalan dengan mekanisme yang baik, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat. 

"Alhamdulillah manajemen penataan kelasnya sudah ideal dan anak-anak juga bisa diatur dengan baik," ujarnya. 

Adapun, Syarida Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Banjarmasin menuturkan, bahwa sebelumnya guru telah menyampaikan informasi kepada orang tua siswa mengenai pelaksanaan PTS dan mekanismennya. 

"Kami menghimbau dan mengarahkan siswa kalau kondisi tidak begitu sehat betul maka stay dan melakukan PTS di rumah saja. Kalau secara daring kami juga sampaikan tata cara apa yang harus mereka lakukan, seperti pak Totok bilang tadi bahwa caranya sama di sekolah dengan pakaian seragam dan dua kamera depan belakang selesainya pun sama," ungkapnya. 

Syahrida mengakui hampir 95 persen siswa mengikuti PTS secara tatap muka di sekolah nya.

"Tadi hanya ada beberapa yang kita kontrol dan satu kelas itu ada 16 siswa yang mengisi," bebernya. 

Sementara untuk menghindari terjadinya kerumunan saat PTS pihaknya juga membaginya secara bersesi pada setiap kelasnya. 

"Teknisnya di SMPN 4 Banjarmasin dengan tiga sesi, sesi pertama kelas 7 dari jam 8-10, sesi kedua kelas 8 dari jam 10.30-11.30 dan sesi ketiga kelas 9 secara bergiliran masuknya," jelasnya. 

Sebelum memasuki kelas siswa yang baru datang akan dikumpulkan terlebih dahulu di lapangan. Baru setelahnya dipersilahkan masuk kelas secara bergantian. 

Diketahui, pelaksanaan PTS ini berlangsung sejak kemarin tanggal 15 hingga 27 September mendatang. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00