KPK Dilemahkan, Mahasiswa Kalsel Turun ke Jalan

Demo Mahasiswa

KBRN, Banjarmasin: Sejumlah mahasiswa Kalimantan Selatan menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Kalsel, Senin (21/6/2021).

Presiden Mahasiswa (Presma) UIN Antasari, Ilham mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan pihaknya terkait adanya dugaan upaya pelemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terutama, melalui tes wawasan kebangsaan (TWK). Sehingga, ia mengaku, bahwa pihaknya akan ambil bagian dalam aksi tersebut.

"Aksi yang digelar merupakan gerakan kolektif," ucapnya.

Ilham menekankan, alasan utama gelaran aksi tersebut tidak lain adalah sebagai bentuk perjuangan dan menyelamatkan lembaga yang seyogyanya menjalankan amanat reformasi itu yang kini dirasanya semakin dilemahkan dari waktu ke waktu.

"Kami juga akan memobilisasi massa sebanyak mungkin. Karena itu, kami berharap kawan-kawan mahasiswa di kampus lain turut ambil bagian dalam aksi itu," pungkasnya.

Seperti diketahui, isu TWK yang disoroti dalam rencana aksi unjuk rasa itu, diberlakukan kepada pegawai KPK sebagai syarat untuk beralih status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun belakangan, tes tersebut ternyata menimbulkan polemik di masyarakat lantaran isu utama yang diangkat di list pertanyaan TWK tersebut diakui terkesan mengada-ada, bahkan akhirnya dikaitkan dengan sikap radikalisme.

Ujung-ujungnya, sejumlah pegawai KPK yang berkompeten dan diantaranya mereka yang menangani sejumlah kasus yang cukup menghebohkan tanah air pun akhirnya terpaksa harus undur diri dari lembaga antirasuah itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00