Jembatan Pulau Bromo Dipastikan Rampung Akhir Tahun

Foto : Rifky

KBRN, Banjarmasin : Pembangunan Jembatan Pulau Bromo yang berada di Jalan Teluk Ujung Benteng Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan dipastikan rampung akhir tahun ini.

"Alhamdulillah progres fisiknya lumayan jauh melebihi target yang ditetapkan, jadi Insya Allah dipertengahan Desember sesuai target sudah bisa diselesaikan 100 persen," Kata Windiasti Kartika Plt Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin. Senin (30/11/2020).

Windiasti menerangkan, pembangunan jembatan yang menelan biaya sekitar 40 milyar ini, sampai akhir bulan Oktober lalu untuk progres fisik pekerjaannya sudah melebihi target dari yang sudah direncanakan.

"Untuk progres fisik pekerjaan dari rencana 68,87 persen terealisasi 71,88 persen, sampai akhir Oktober semua pekerjaan berjalan sesuai dengan rencana bahkan melebihi target," ucapnya.

Meski diakui masih ada sebagian pengerjaannya yang kurang dari target, namun Windiastika memastikan untuk melakukan percepatan pelaksanaan pekerjaan sehingga bisa terkejar.

"Kita upayakan percepatan pengerjaannya selesai di akhir kontrak yang rata-rata berakhir di bulan Desember," tegasnya.

Diketahui Jembatan Pulau Bromo memiliki panjang 252 meter, inti gantung 100 meter, dan lebar 2 meter.

Desain jembatan yang cukup ikonik dan futuristik nantinya hanya diperuntukkan bagi pengendara roda dua, sepeda dan pejalan kaki.

Namun, jika dalam keadaan darurat, hanya ambulans dan mobil pemadam kebakaran yang dibolehkan melintas.

Dengan dibangunnya jembatan ini otomatis menghubungkan Pulau Bromo dengan wilayah Mantuil, sehingga masyarakat pun tak perlu lagi menyeberang menggunakan feri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00