Tatap Muka Dihentikan, UAS Dilakukan Daring

Foto : Net

KBRN, Banjarmasin : Simulasi pembelajaran tatap muka di empat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Banjarmasin telah berjalan sepuluh hari sejak Senin, (16/11/2020) lalu.

Selama itu empat sekolah yang melaksanakannya yakni SMPN 7, SMPN 10, SMPN 12, dan SMPN 31 diklaim berjalan lancar kerena tidak ada penambahan kasus.

Kendati demikian, Kepala Dinas Pendidikan Banjarmasin Totok Agus Daryanto menyampaikan, pelaksanaan simulasi belajar tatap muka akan berakhir pada Senin, (30/11/2020) mendatang.

Sebab peserta didik akan melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) pada Desember nanti yang hanya digelar secara daring.

"Simulasi akan kita hentikan. Tinggal menyambut pembelajaran tatap muka tahap transisi pada Januari 2021, sesuai revisi keputusan SKB 4 Menteri," bebernya.

Selanjutnya Disdik merencanakan seluruh SMPN di Banjarmasin akan menggelar tahap transisi, karena selama tahap simulasi dinilai berjalan lancar.

Hal itu sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim bahwa seluruh sekolah negeri harus menyediakan layanan tatap muka, meski murid tidak diwajibkan turun.

"Masa transisi kita gelar 2 bulan. Kita diminta menyediakan layanan tatap muka. Tapi kalau orang tua tidak mengizinkan silahkan," imbuhnya.

Adapun saat tahap transisi, Totok sudah mendapatkan gambaran yakni jam belajarnya yang ditingkatkan dari tiga jam menjadi empat jam dan kapasitas menjadi 50% serta tidak lagi menggunakan sistem paralel.

"Jadi murid akan diatur sistem shift. Artinya setiap murid akan turun 3 kali dalam satu minggu," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00