Bagi-bagi 4.344 Sertifikat Tanah, Syarifuddin: Jangan Beli Hp!

KBRN, Kotabaru : Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kotabaru membagikan 4.344 sertifikat tanah kepada warga Bumi Saijaan, Senin (9/11/2020).

Sertifikat tanah yang dibagikan hasil kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2020 yang merupakan program pembuatan sertifikat tanah gratis.

Kepala BPN Kotabaru Kadi Mulyono mengatakan ada banyak kendala yang ditemui di lapangan dalam pelaksanaan program ini.

"Banyak masyarakat kurang mengerti dalam hal surat menyurat tanah atau tidak memiliki surat tanah, serta dalam hal pemasangan patok mereka tidak terlalu peduli," ujarnya.

Di lain pihak, Pejabat Sementara Bupati Kotabaru Muhammad Syarifuddin mewanti-wanti agar sertifikat yang telah diserahkan tidak digunakan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif.

"Gunakan untuk menambah modal usaha, jangan beli sepeda motor atau handphone," pesannya. 

Ribuan sertifikat tanah yang diterima warga Kotabaru ini merupakan bagian dari satu juta sertifikat tanah yang dibagikan serentak dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2020.

Penyerahan dilakukan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara kepada masyarakat yang berada di 201 kabupaten dan kota di 31 provinsi.

Pemerintah menargetkan pada 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia harus sudah memiliki sertifikat guna memberikan kepastian hukum dan mengatasi maraknya konflik agraria.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00