Nelayan Tanah Laut Dibantu Alat Tangkap Ramah Lingkungan

(Sukamta)

KBRN, Tanah Laut : Nelayan di Desa Batakan dan Desa Takisung, Kabupaten Tanah Laut mendapat bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan, Senin (26/10/2020).

Alat tangkap jenis trammel net dan gill net itu diterima tiga kelompok nelayan, masing-masing KUB Citra Mandiri 120 set, KUB Rizki Abadi 100 set, dan KUB Semangat Nelayan 130 set. 

"Ini salah satu wujud kepedulian pemerintah untuk kesejahteraan nelayan," ujar Bupati Tala Sukamta.

Pengadaan alat tangkap ikan tersebut berasal dari dana alokasi pemerintah pusat yang telah lama diperjuangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tala guna membantu meningkatkan hasil usaha nelayan.

Menurut Sukamta, kunci keberhasilan nelayan terletak pada peralatan yang digunakan.Apalagi dengan alat tangkap ikan ramah lingkungan, nelayan sekaligus bisa ikut kelestarian ekosistem laut tempat mereka menggantungkan hidup.

Di sisi lain, Pemkab Tala terus mengupayakan agar harga bahan bakar minyak turun dan terjangkau untuk masyarakat nelayan.

"Alhamdulillah berkat hasil kerja keras kita semua, akhirnya harga solar bisa turun menjadi Rp6.000," katanya.

Disamping itu, pihaknya juga tengah menggenjot sektor pariwisata di Pantai Batakan Baru. Ia mengapresiasi tekad masyarakat yang berswadaya membangun dan mengembangkan wisata di tempat tersebut sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

"Insha Allah nantinya ada sembilan kegiatan yang akan kita bangun di tempat ini," terang Kamta. (YNT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00