Kasus Covid-19 Masih Bergerak, Bupati HSS Harap Warga Tak Bepergian

KBRN, Hulu Sungai Selatan : Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry berharap masyarakat dapat menahan diri untuk tidak bepergian pada masa libur panjang dari 28 Oktober sampai 1 November 2020 mendatang.

“Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19, saya harap masyarakat tidak bepergian, khususnya di wilayah zona merah," kata Achmad Fikry di Kandangan, Senin (26/10/2020).

Hal itu karena berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, libur panjang selalu berdampak pada peningkatan kasus baru dalam kurun waktu 10-14 hari setelahnya.

Kalaupun memang harus berpergian, ia meminta agar masyarakat menaati protokol kesehatan. Pihaknya juga akan mengawasi secara ketat objek wisata yang pengelolaannya dibawah pemerintah kabupaten serta memberikan pembinaan pada objek wisata yang dikelola swadaya oleh masyarakat.

"Selain mengedepankan protokol kesehatan, kapasitas objek wisata dan jumlah pengunjungnya harus diperhatikan," ujarnya.

Kasus Covid-19 di HSS sendiri masih menunjukkan pergerakan baik yang terkonfirmasi positif maupun yang meninggal.

Hingga saat ini ada 17 orang yang sedang menjalani perawatan, sembuh sebanyak 408 orang, dan meninggal sebanyak 32 orang. 

Meskipun tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di HSS mencapai 89,28 persen dan kematian hanya 7 persen, namun hal itu tak membuat Pemkab HSS bersantai.

Selain membentuk satgas hingga tingkat kecamatan dan desa, saat ini Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2020 sedang digodok untuk ditingkatkan menjadi peraturan daerah dengan tujuan lebih mendisiplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. (FIT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00