Pada Peringatan Harganas ke 27, Tala Ikut Pecahkan Rekor Muri Satu Juta Aseptor

Sukamta

KBRN Banjarmasin : Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) ikut andil dalam pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) satu juta Aseptor, Peringatan Harganas di Kabupaten Tala sendiri digelar di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari pada Senin (29/6/2020).

Kegiatan tersebut dimulai dengan senam Keluarga Berencana (KB) dari  Generasi Berencana (Genre) Tala, Genre adalah suatu program  yang diluncurkan oleh pemerintah lewat  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Genre dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Peringatan Harganas ke 27 kali ini memang terasa berbeda, karena adanya pandemi Covid-19 atau virus corona, para hadirin yang datang pun diwajibkan mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yaitu menggunakan masker, di periksa suhu tubuh menggunakan thermo gun, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta harus menerapkan physical distancing.

Dalam laporannya Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Perencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Zainal Abidin mengungkapkan bahwa Kabupaten Tala turut serta ikut mensusksekan pemecahan rekor Muri satu juta Aseptor pada Harganas ke 27 tersebut.

"Pemasangan Aseptor kita lakukan dilokasi acara ini, dan diseluruh kecamatan yang ada di Tala secara serentak dibantu dengan Fasilitas Kesehatan yang ada," jelasnya.

Sementara itu Bupati Tala H. Sukamta yang membacakan sambutan dari Kepala BKKBN Pusat DR Surya Chandra Surapaty menyampaikan bahwa Harganas tahun ini dalam suasana berbeda akibat pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia

"Kita sangat prihatin dengan adanya pandemi ini, meskipun Harganas ini diperingati dengan sederhana dan tentunya dengan protokol kesehatan saya harap tetap dapat menginspirasi kita semua untuk mewujudkan keluaraga yang berkualitas," ungkapnya.

Lebih lanjut Surya Chandra yang sambutannya dibacakan oleh Bupati Tala mengatakan bahwa pihaknya berharap program KB dapat membuat keluarga-keluarga yang ada di Indonesia dapat men jadi keluarga yang sejahtera dan berkualitas.

"Saya harapkan seluruh stakeholder terkait, baik BKKBN, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah setempat dapat mewujudkan cita-cita kita bersama untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera,"tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tala, Sekretaris Daerah Tala Dahnial Kifli, Kepala Kantor Kemenag tala, para Kepala SKPD lingkup Pemkab Tala, Ketua TP PKK Tala, Ketua GOW Tala serta organisasi wanita lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00