Ibnu Sina Minta Cluster Gowa Banjarmasin Segera Lapor Cek Kesehatan

KBRN, Banjarmasin : Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dinyatakan sebagai wilayah transmisi lokal baru penyebaran virus corona atau covid-19. 

Tercatat ada delapan pasien positif corona di Kalsel, empat diantaranya berada di Bumi Kayuh Baimbai. Berbagai upaya pun telah dilakukan Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Namun demikian, Walikota Ibnu Sina kembali meminta kesadaran masyarakat kota Banjarmasin yang datang dari luar daerah agar mengkarantina diri dan melapor ke puskesmas, terlebih bagi jamaah tabligh cluster Goa di Sulawesi Selatan.

“Khususnya kepada saudara-saudara kami yang datang dari Gowa, para ulama dan umat Islam. Agar sebaiknya melaporkan diri dan mengkarantina diri,” kata Ibnu Sina, Jumat (3/4/2020).

Ibnu Sina mengakui, banyak kasus positif Covid-19 merupakan bagian dari cluster Gowa. Salah satu contohnya, warga Kota Banjarmasin yang meninggal dunia di Balikpapan dan diketahui positif Covid-19 belum lama ini.

“Bukanlah aib kalau kita terkena virus Covid-19, tapi ini bisa menimpa siapa saja. Yang saya khawatirkan adalah, kalau kita dalam keadaan sehat, namun sesungguhnya kita adalah carrier. Ini yang sangat berbahaya sekali," tutur Ibnu.

Ibnu Sina juga menyatakan sebagian besar cluster Gowa di Banjarmasin sudah melapor ke fasilitas kesehatan, namun dari 200 orang yang terdaftar baru 85 yang melapor dan di nyatakan Negatif.

"85 orang di antaranya sudah diperiksa dan menjalani rapid test mayoritas memang hasilnya negatif," bebernya.

Namun Ibnu Sina tetap berharap kesadaran masyarakat untuk melaporkan diri tanpa menunggu ada gejala sakit, terlebih dari luar daerah yang terpapar Covid-19.

"ini adalah bagian dari upaya kita untuk mencegah penularan yang lebih besar,” tandas Ibnu Sina.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00