Suasana Haru Keluarga Sambut Pembebasan 77 Napi Lapas Teluk Dalam Banjarmasin

KBRN, Banjarmasin : Suasana haru dan bahagia bercampur jadi satu, nampak tergambar dari wajah keluarga yang menjemput 77 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (lapas) kelas II A teluk dalam Banjarmasin, Kamis (2/3/2020) siang.

"Alhamdulillah, bahagia sekali anak saya bisa lebih cepat berkumpul keluarga," ucap ibu Yustina salah seorang keluarga narapidana.

Anwar salah satu dari 77 narapidana yang dipulangkan setelah mendapatkan masa asimilasi dan integrasi, mengaku sangat bersyukur bisa kembali kemasyarakat lebih awal dari masa hukuman yang dijalani.

"Perasaan saya sangat bahagai hari ini, saya terjerat kasus narkotika dengan masa tahanan 4 tahun 3 bulan dan sudah menjalani 2 tahun lima bulan," tuturnya.

Namun demikian Kepala Lapas Kelas II A Teluk Dalam Banjarmasin Imam Setya menjelaskan, selama manjalani kebijakan asimilasi virus Corona atau Covid-19 ini, para narapidana tetap wajib melapor serta melakukan isolasi diri didalam rumah.

"Sebelumnya kita beri penjelasan, bahwa mereka itu dipulangkan ke rumah masing dan tidak boleh ke mana mana hingga betul betul sudah mendapatkan hak untuk kebebasan," tegasnya.

Pemulangan asimilasi dalam rangka pencegahan Covid-19 ini, kata Iman Setya, untuk mengurangi kepadatan di dalam lapas agar bisa menghindari jarak.

"Sejak kemarin sudah kita pulangkan 15 orang, hari ini jumlahnya jadi 92 orang, dan nantinya keseluruhan kita tergetkan 200 lebih narapidana," bebernya.

Pemulangan Asimilasi diketahui, tidak berlaku bagi narapidana yang masuk dalam kategori pidana PP 99 Tahun 2012, diantaranya kasus terorisme, narkoba, ilegal logging, korupsi dan kejahatan seksual anak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00