Tala Dukung Implementasi Nasional Satu Rekening Satu Pelajar

Istimewa

KBRN, Pelaihari : Dalam mendukung implementasi aksi nasional Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) di Bumi Tuntung Pandang, pada tahun 2020 lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) melahirkan program bernama Generasi Tangguh dari Siswa Menabung untuk Rakyat Sejahtera atau yang lebih dikenal dengan sebutan Genta Sambung Rasa. 

Bahkan, program yang dihadirkan Bupati Tala, H. M. Sukamta pada rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di setiap desa ini turut mendapat apresiasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Kepala OJK Regional IX Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim mengatakan, geliat bupati yang melahirkan program ini menjadi bukti bagaimana Pemkab Tala serius melahirkan generasi pelajar yang memiliki kekayaan dalam hal literasi keuangan hingga ke pelosok desa melalui produk Simpanan Pelajar (Simpel). 

"Kami tentu berbangga, bupati secara konsisten turun langsung hingga ke desa pada kegiatan MTP untuk mensosialisasikan pentingnya menabung bagi pelajar. Jadi, 2021 yang lalu kami memberikan Pemkab Tala penghargaan sebagai Wilayah Implementasi Simpel terbaik," kata Riza pada kegiatan Kreasi Muda 2022 kerjasama Pemkab Tala dan Bank Kalsel di SMA Negeri 1 Pelaihari pada Jum'at (12/8/2022).

Sementara itu, Sukamta mengatakan, sejak diluncurkan, program Genta Sambung Rasa hingga saat ini menjadi program yang tidak pernah libur dalam kegiatan MTP pada setiap desa di Tala.

"Melalui MTP, Pemkab Tala ingin menjembatani kebutuhan pelajar di setiap desa akan kepemilikan rekening. Diharapkan, program ini menjadi langkah akselerasi yang dilakukan Pemkab Tala dalam Implementasi Kejar," tutur Sukamta. 

Ia juga berharap, adanya kerjasama ini tidak hanya dapat meningkatkan jumlah pelajar yang memiliki rekening, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan generasi muda dalam mengelola keuangan. 

Pada kesempatan ini, bupati menerima secara mock up pembukaan sebanyak 500 rekening tabungan Simpel untuk pelajar di Tala dari Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya. Bupati juga, turut menyerahkan secara simbolis buku rekening Simpel kepada perwakilan pelajar SD, SMP dan SMA. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar