Musim Hujan Datang, BPBD Tanbu Himbau Warga Beraktivitas Diluar Rumah

Kepala Dinas BPBD Tanbu, Eryanto Rais

KBRN, Batulicin : Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu mengimbau bagi masyarakat Bumi Bersujud untuk selalu waspada saat melakukan aktivitas diluar ruangan belum lama ini.

Imbauan ini, disampaikan Kepala Dinas BPBD Tanbu, Eryanto Rais.

“Karena curah hujan yang sangat tinggi, setiap hari di guyur di Tanah Bumbu. Maka kami disini berdasarkan BMKG, untuk itu kita dalam waspada lah,” ungkapnya.

Untuk itu, artinya dia berharap masyarakat agar tetap waspada. Khususnya di daerah bantaran sungai, kemudian yang ada di laut, khususnya mereka yang rawan banjir, untuk selalu waspada.

“Apalagi, dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, karena suatu saat pasti ada timbul seperti itu. Untuk sementara inikan gelombang, dalam keadaan situasi aman, tetap hati-hati suatu saat cuaca yang ekstrim muncul itu tidak akan menutup kemungkinan gelombang akan tinggi,” jelasnya.

Menurutnya, pada bulan Juni ini masuk dalam musim hujan. Di mana, diperkirakan akan kerap terjadi hujan.

“Walaupun nanti kami rencana mengikuti apel siaga di Provinsi ya. Cuma di daerah ternyatakan seperti Kotabaru banjir, tapi ini sudah surut di Kotabaru,” ujarnya.

Sementara itu, ia mengungkapkan, di Tanah Bumbu ada tiga wilayah kerap terjadi banjir saat curah hujan cukup tinggi. Diantaranya, Kecamatan Satui, Kecamatan Batulicin yakni, Desa Maju Bersama, Maju Makmur, kemudian di daerah Kecamatan Teluk Kepayang, dan untuk Kecamatan Mantewe longsor.

“Alhamdulillah berdasarkan kami konfirmasi dengan, Camat ternyata tidak ada laporan dengan sampai saat ini Desa, maupun Camat belum ada laporan banjir, yang ada hanya angin puting beliung saja,” imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar