Pemkab HSU Berupaya Turunkan Stunting

Launching Dapur Sehat atasi Stunting (Dashat) di Kampung KB.

KBRN, Amuntai : Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya dalam menurunkan angka stunting pada anak, salah satu upaya yang patut diapresiasi dalam rangka menekan angka stunting dengan dilaunchingnya Dapur Sehat atasi Stunting (Dashat) di Kampung KB.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) HSU, launching Dashat resmi dibuka langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten HSU, Erlian Noor Fauziah, di Desa Baruh Tabing, Kecamatan Banjang.

Wakil Ketua TP PKK HSU, Erlian Noor Fauziah mengatakan, ecara umum Dashat diartikan sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting.

Menurutnya, pemanfaatan sumber daya lokal, salah satu upaya perbaikan konsumsi pangan ibu hamil,menyusui,dan balita dari berbagai pangan yang tersedia bergizi dan terjangkau dengan cita rasa yang sesuai dengan selera.

"Indonesia kaya akan sumber daya pangan yang di produksi,di perjual belikan dan tersedia di Indonesia yang sering disebut sebagai pangan lokal Indonesia atau pangan nusantara termasuk di Hulu Sungai Utara." ungkapnya.

Sementara, Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Ramlan saat menghadiri launching Dashat di Kabupaten HSU menyebut, pada bulan Juni tahun 2021 tercatat sejumlah 16.896 kampung KB yang ada di Indonesia, ini merupakan suatu potensi besar untuk pemberdayaan berbasis masyarakat.

"Oleh karena itu, BKKBN menginisiasi sebuah rencangan kegiatan yang disebut Dapur Sehat atasi Stunting (Dashat) di Kampung KB sebagai upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting melalui." imbuhnya.

Ia berharap, kegiatan Dashat ini dapat berkontribusi dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di Indonesia khususnya di Kalsel.

"Pemanfaatan sumber daya lokal yang dapat dipadukan dengan kontribusi dari mitra lainnya dengan memberdayakan masyarakat serta kelompok kegiatan (Poktan) yang ada di kampung KB." tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar